Buka Expo IKN 2024 PPU, Menteri PUPR: Kolaborasi Kemajuan Daerah Bersama IKN

PENAJAM – MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Mochamad Basuki Hadimoeljono membuka Expo IKN 2024 Penajam Paser Utara (PPU) di halaman Stadion Panglima Sentik, Kilometer 08 Penajam, Kamis (15/8/2024).

Kegiatan yang bertajuk “PPU Serambi Nusantara” itu dimulai sejak 15 hingga 18 Agustus 2024 dengan menghadirkan hampir 150 booth Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Nusantara serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), baik dari Kalimantan hingga luar daerah.

Basuki Hadimoeljono mengatakan, pertumbuhan ekonomi PPU kian membaik, 15 persen meningkat dari rata rata pertumbuhan ekonomi nasional. Apalagi Kabupaten PPU merupakan wilayah terdekat dengan IKN sehingga dampaknya pasti luar biasa.

“Saat ini merupakan waktunya masyarakat di Kabupaten PPU untuk bangkit dengan adanya IKN, ke depan saya yakin akan lebih berkembang lagi,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, hadirnya Expo IKN bertujuan untuk mengenalkan bagaimana IKN kepada masyarakat dan mengedukasi terkait layanan OPD PPU. Selain itu, juga meningkatkan pertumbuhan perekonomian lokal dan peluang investasi, baik bersama pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupaten mau pun dengan mitra swasta lainnya .

Basuki juga menekankan kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU beserta seluruh masyarakatnya untuk mempersiapkan diri. “Sekarang adalah waktunya untuk PPU berbenah dari segala aspek, tidaknya saja pada pembangunan infrastrukturnya, tetapi SDM juga sangat penting,” tegasnya.

SDM dari Kaltim, terkhusus PPU kata Basuki, harus mampu bersaing. Agar sebagai putra-putri daerah mampu memberikan layanan yang terbaik untuk IKN. “Apalagi SDM yang akan bekerja di IKN nanti benar benar diseleksi terutama yang menguasai digital, PPU harus bersiap,” pungkasnya.

Sementara Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para tamu undangan dan peserta Expo IKN Kabupaten PPU yang dihadiri oleh para tamu-tamu dari pulau Kalimantan hingga pulau Jawa.

“Selamat datang di Serambi Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara dalam Expo IKN Tahun 2024 yang pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten PPU. Kami bangga para tamu-tamu luar daerah, baik yang ada di Kaltim hingga pulau Jawa bisa hadir dan terlibat langsung dalam acara Expo selama empat hari ke depan dalam ajang promosi dan peluang investasi daerah,” ucap Marbun.

 

Menurutnya, IKN Expo Tahun 2024 di Serambi Nusantara merupakan wujud nyata dari komitmen Pemkab PPU untuk memperkenalkan dan mempromosikan kemajuan serta potensi yang dimiliki oleh Serambi Nusantara Kabupaten PPU.

Terlebih lagi, sebagai langkah strategis menuju masa depan yang lebih baik, Expo ini tidak hanya menjadi ajang pameran berbagai inovasi dan perkembangan, tetapi juga sebagai wadah untuk mempererat kerjasama antara berbagai pihak, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat.

“Expo IKN Serambi Nusantara Kabupaten PPU hari ini merupakan bagian dari kolaborasi perwujudan IKN Nusantara yang menjadi pusat pertumbuhan dan pengembangan baru di Indonesia, tak terkecuali bagi Kabupaten PPU yang menjadi serambinya Nusantara,” kata Marbun.

“Karenanya, kami berharap melalui expo ini, kita semua dapat lebih memahami dan mendukung berbagai inisiatif serta bersama-sama mewujudkan visi besar hadirnya IKN Nusantara yang modern, inklusif, dan berkelanjutan yang ditandai dengan sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, dan masyarakat adalah kunci untuk mencapai keberhasilan bersama,” tutupnya. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com