Pj Bupati PPU Hadiri Deklarasi Pemilu Damai 2024

BALIKPAPAN – PENJABAT (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Zainal Arifin hadiri deklarasi Pemilihan Umum (Pemilu) damai dan doa bersama lintas agama dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 yang digelar di Gedung BSCC Dome Balikpapan, Selasa (24/09/2024).

Acara itu dihadiri seluruh peserta kontestasi Pilkada kabupaten/kota dan provinsi se-Kalimantan Timur (Kaltim) yang bertujuan membuat kesepakatan bersama antara seluruh elemen masyarakat agar selalu menjaga kodusifitas selama pelaksanaan Pilkada tahun 2024.

Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik dalam sambutannya menghimbau seluruh masyarakat dan organisasi terkait agar selalu menciptakan kondisi yang aman dan damai, sehingga Pilkada 2024 di Kaltim dapat berjalan dengan sukses lancar dan aman.

“Pemerintah Provinsi Kaltim mendukung penyelenggaraan Pilkada serentak 2024, kami akan memastikan seluruh perangkat daerah siap bersinergi dengan DPRD, Bawaslu, dan lembaga lainnya untuk menjamin terselenggaranya Pilkada yang tertib dan lancar,” kata Akmal Malik.

Dia juga mengajak untuk menjadikan kegiatan tersebut sebagai wujud kebersamaan dan persatuan. “Kami meyakini dengan semangat kebersamaan dan kesadaran pentingnya menjaga kedamaian kita mampu menghadirkan masa depan yang lebih baik bagi Kaltim,” lanjutnya.

Dalam rangka pengamanan Pilkada serentak tahun 2024, Polri khususnya Kepolisisan Daerah (Polda) Kaltim dan seluruh jajaran di bawah kepemimpinan Kapolda Kaltim menyelenggarakan operasi kepolisian yang dilaksanakan mulai 26 Agustus 2024 sampai dengan Februari 2025.

Operasi itu mengedepankan kegiatan pencegahan, deteksi dini rangkaian kegiatan Pilkada yang ditujukan untuk terciptanya keamanan kelancaran dan ketertiban pada setiap tahapan Pilkada serentak Kaltim tahun 2024.

Pelaksanaan deklarasi pemilu damai di tandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama yang ditandatangani oleh seluruh paslon, baik paslon pemilu kabupaten/kota dan provinsi. Selain itu, usai penandatanganan deklarasi damai, seluruh peserta kontestasi Pelkada membacakan deklarasi pemilu damai yang di pimpin Pj Gubernur Kaltim.

 

Sementara Pj Bupati PPU Zainal Arifin ditemui usai kegiatan mengungkapkan harapannya terhadap pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah PPU tahun 2024.

“Semoga pemimpin terpilih nantinya benar-benar merupakan bagian dan aspirasi dari masyarakat,” ujarnya.

Dia juga berharap dengan aksi deklarasi damai tersebut dapat semakin meningkatkan kesadaran untuk mewujudkan Pemilu yang sejuk, damai, tanpa hoax dan politik identitas.

“Tadi sudah kami deklarasikan bersama seluruh komponen yang ada di Kalimantan Timur dan terutama di PPU. Kami juga ikut mendukung deklarasi damai, mudah-mudahan terwujud agar kita bisa mendapatkan pimpinan daerah yang betul-betul menjadi bagian dari aspirasi masyarakat,” harap Zainal Arifin. [] (ADV/diskominfoppu)

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com