Bapelitbang PPU Gelar Sosialisasi Desa Cantik dan Launching Indikator Kemiskinan Daerah

PENAJAM – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) berkomitmen untuk meningkatkan kualitas data sebagai bahan perencanaan dan pembangunan daerah dari tingkat kecamatan, desa hingga kelurahan.

Demikian disampaikan Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten PPU Tur Wahyu saat memberikan sambutan dalam kegiatan Sosialisasi Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) dan Launching Indikator Kemiskinan Daerah.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula lantai I, Kantor Bupati PPU, Penajam, Selasa (24/09/2024) itu digelar Bapelitbang PPU guna melakukan penyusunan perencanaan kebutuhan data yang berkualitas.

Menurut Tur Wahyu, tolak ukur keberhasilan perencanaan dan pembangunan dapat ditentukan oleh kualitas data yang digunakan dalam analisis penentuan strategi kebijakan penyelesaian masalah-masalah pembangunan yang ada.

“Oleh karena itu, keberadaan data yang berkualitas sangat penting. Penyusunan perencanaan program pembangunan membutuhkan dukungan data berkualitas sebagai input dan bahan analisis kebijakan strategis,” terang Tur Wahyu saat sambutan.

 

Dia juga menjelaskan, saat ini desa bukan hanya sebagai objek pembangunan, namun sudah menjadi subjek atau pelaku pembangunan.

Karena itu, pemerintah desa juga berperan penting dalam melakukan penyusunan perencanaan, kebutuhan akan data yang berkualitas. Diantaranya sebagai dasar dan bahan masukan dalam penentuan rumusan masalah, analisis, hingga penentuan strategi kebijakan yang diambil.

“Oleh sebab itu, perencanaan berbasis data adalah prinsip utama yang harus dilakukan oleh pemerintah desa,” jelasnya.

Diakhir sambutannya Tur Wahyu berharap, penyelenggaraan Sosialisasi Desa Cantik dan Indikator Kemiskinan dapat terlaksana dengan lancar, sehingga target penyediaan data pada tingkat kecamatan, desa dan kelurahan ke depannya dapat terlaksana dengan baik.

“Oleh karena itu, kami mengharapkan perhatian dan kepedulian akan pentingnya data oleh seluruh desa dan kelurahan. Jika ada yang belum diketahui harap ditanyakan dan didalami kepada para narasumber,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda PPU Nicko Herlambang, Kepala Baptelitbang PPU Tur Wahyu, perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) PPU dan para peserta dari kecamatan, kelurahan serta desa se-Kabupaten PPU. [] (ADV/Diskominfoppu)

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com