PKH Tata Busana Diikuti 45 Peserta

SAMARINDA – DINAS Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan Pelatihan Kecakapan Hidup (PKH) di bidang tata busana yang berlangsung di Samarinda mulai 24-28 September 2024. Pelatihan yang diselenggarakan bekerja sama dengan Rumah Jahit Alda itu diikuti 45 peserta yang antusias meningkatkan keterampilan menjahit mereka.

Pemilik Rumah Jahit Alda selaku narasumber dalam pelatihan ini, Ada Al Ali Murabbaniah mengungkapkan, kegiatan tersebut adalah kali kedua Dispora Kaltim mengajaknya menjadi narasumber.

yang akrab disapa Alda menyebut bahwa ini adalah yang kedua kalinya Dispora Kaltim mengajaknya menjadi narasumber.

“Ini yang kedua kalinya. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam tata busana, sehingga peserta dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri mereka sendiri dan orang lain di masa depan, khususnya di tata busana,” jelas wanita yang akrab disapa Alda ini kepada beritaborneo.com, Selasa (24/09/2024).

 

Adapun pelatihan itu kata Alda, meliputi penjelasan materi dasar dan teknik menjahit dasar, yang selanjutnya akan berkembang menjadi teknik menjahit, mencipta sebuah pakaian melalui workshop yang tersedia. Selama pelatihan, peserta diajarkan berbagai teknik menjahit, desain pakaian, serta manajemen usaha kecil.

Rumah Jahit Alda yang menjadi narasumber, menekankan pentingnya kreativitas dan inovasi dalam industri fashion. “Kami ingin peserta tidak hanya bisa menjahit, tetapi juga memahami tren dan cara memasarkan produk mereka,” ujarnya.

Dengan pelatihan tersebut, Dispora Kaltim melalui para narasumber yang berperan berharap dapat menciptakan generasi yang mandiri dan berdaya saing di pasar kerja, serta berkontribusi pada pengembangan industri kreatif di daerah, sesuai dengan minat para peserta dalam bidang-bidang yang mereka tekuni di pelatihan ini. []

Penulis: Nistia Endah | Penyunting: Agus PS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com