PPK Tenggarong Seberang Gelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula

TENGGARONG SEBERANG – PANITIA Pemilihan Kecamatan (PPK) Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Sosialisasi Pendidikan Politik untuk segmen Pemilih Pemula dan Pindah Memilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula UPT Dinas Pendidikan Tenggarong Seberang, Sabtu (28/9/2024) itu, dihadiri 50 peserta siswa/siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kecamatan Tenggarong Seberang yang telah berusia 17 tahun atau telah memiliki hak pilih pada Pilkada 2024 mendatang.

Ketua PPK Tenggarong Seberang Fitriansyah yang hadir bersama anggota PPK lainnya yakni Andi Ariadi, Muhammad Kaisar, Fiktor Boni Pasiala dan Suyono menjelaskan, agenda sosialisasi pendidikan politik tersebut dimaksudkan agar para pemilih pemula memahami dan mengetahui hak dan kewajiban dalam menggunakan hak pilih bagi warga negara yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih.

Di samping juga agar para pemilih pemula mengetahui tahapan pilkada, memberikan pemahaman menjadi pemilih cerdas, serta mengetahui apa saja yang akan dipilih pada Pilkada serentak 2024.

“Tujuan kegiatan Sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman dan edukasi kepada pemilih pemula dan pemilih muda dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 2024,” kata Fitriansyah.

Sementara perwakilan dari Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang Yulianto saat memberikan sambutannya menyampaikan pentingnya peran Pemilih Pemula dan Generasi Muda dalam memberikan hak pilihnya pada Pilkada 2024.

“Pemilih pemula memiliki peran strategis dalam menentukan masa depan daerah. Dengan pendidikan politik yang baik, diharapkan mereka dapat menggunakan hak pilihnya untuk berpartisipasi secara aktif dan cerdas dalam proses demokrasi, untuk mensukseskan pilkada serentak tahun 2024” tutur Yulianto.

 

Havida Balqis, salah satu peserta, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PPK Tenggarong Seberang yang sudah mengadakan acara yang menurutnya sangat bermanfaat. Tidak hanya untuk dirinya saja, namun juga teman-temannya sesama siswa SMA/SMK untuk menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab menggunakan hak pilihnya.

“Terima Kasih PPK Tenggarong Seberang atas agenda sosialisasi pemilih ini, sangat berguna bagi kami. Setelah sosialisasi ini, kami jadi tidak sabar hadir ke TPS untuk memilih, ingin menggunakan hak pilih, karena pilkada ini menjadi kali pertama saya menjadi pemilih” ujar Havida Balqis memberikan kesan terkait acara itu,

Dalam kesempatan tersebut, Fitriansyah juga memberikan ajakan kepada masyarakat Kukar, khususnya warga Tenggarong Seberang untuk datang ke TPS pada tanggal 27 November 2024 untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur, serta Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara dalam Pilkada 2024 []

Penulis: Al Miftah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com