Pasar Murah: Solusi Pemprov Kalteng untuk Masyarakat di Tengah Inflasi

KOTAWARINGIN BARAT – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran membuka pasar murah yang digelar di Kelurahan Madurejo, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (3/10/2024). Pasar murah di Kelurahan Madurejo diadakan di Masjid Jami Al Istiqomah, serta di dua tempat lainnya yakni Kantor Kelurahan Madurejo dan Jl. HM Rafii berhadapan dengan Kudeta Mini Soccer yang ikut mengikuti rangkaian pembukaan pasar murah secara virtual. Singkatnya, Gubernur H. Sugianto Sabran menyampaikan pasar murah yang diadakan di Kabupaten Kotawaringin Barat ini masih dalam rangka pengendalian inflasi daerah. “Pasar murah ini rutin dilaksanakan oleh Pemprov Kalteng dalam rangka mengendalikan inflasi daerah”, ucap Gubernur.

Gubernur berharap, dengan adanya pasar murah, masyarakat tidak hanya mendapatkan akses yang lebih baik terhadap kebutuhan pokok, tetapi juga merasa diperhatikan oleh pemerintah. Ia berkomitmen, kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan yang diharapkan dapat menekan angka inflasi di Kalteng sekaligus untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.
hal. Bupati Kotawaringin Barat H. Budi Santosa dalam perayaannya menyambut baik upaya dan perhatian Pemprov Kalteng dalam menjaga kestabilan lingkungan dan mendukung kesejahteraan masyarakat. Menurutnya, program pasar murah ini sangat membantu masyarakat, terutama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau. Ia berharap program seperti ini terus berlanjut dan memberikan manfaat lebih bagi masyarakat. “Ini keberkahan bagi kami karena pada Tanggal 3 Oktober 2024 ini sekaligus memperingati Hari Jadi ke-65 Kabupaten Kotawaringin Barat. Pada hari ini ada paket sembako subsidi senilai Rp.198.000,-, dibantu Bapak Gubernur sebesar Rp.178.000,- sehingga bapak ibu hanya membayar Rp.20.000,- per paket, namun bapak Gubernur memberikan subsidi lagi selisihnya, sehingga masyarakat dapat memperolehnya secara gratis ”, tutur H.Budi Santosa.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng Rangga Lesmana dalam laporannya disampaikan di Kabupaten Kotawaringin Barat dalam minggu ini total paket sembako yang akan dibagikan sebanyak 25.000 paket. “Kegiatan ini dalam rangka pengendalian inflasi di Provinsi Kalimantan Tengah. Dalam proses pengendalian inflasi di Provinsi Kalimantan Tengah yang sebelumnya Kalimantan Tengah berada di urutan inflasi tertinggi se-Indonesia. Alhamdulillah, berdasarkan informasi terakhir di akhir Bulan September 2024, bahwa melalui program pasar murah yang diinisiasi oleh Bapak Gubernur Kalimantan Tengah, kami menduduki posisi empat terendah se-Indonesia untuk mengendalikan inflasi”, ungkapnya.

Rangga Lesmana mengungkapkan selaku Dinas Pengampu terkait dengan program Gubernur Kalteng yakni pasar murah berkeinginan untuk bisa menjaga program ini benar-benar berkualitas dan bisa sampai kepada masyarakat. “Kami memberikan garansi jika memang dalam pelaksanaan ini ada kekurangan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas sebelum 24 jam kami pastikan akan diganti”, tegasnya. Ia berharap kegiatan ini terus berlanjut sehingga bisa terus memberikan manfaat kepada masyarakat di Kalteng terutama di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat. Disampaikan Rangga, pasar murah di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, selain dilaksanakan di tiga titik Kelurahan Madurejo, juga akan dilaksanakan di Kelurahan Mendawai, Kelurahan Baru, Kelurahan Raja serta Kecamatan Kumai.

Total paket yang disalurkan oleh Pemprov. Kalteng di pasar murah ini sebanyak 5000 paket masing-masing di Masjid Jami Al Istiqomah sebanyak 3000 paket, Kantor Kelurahan Madurejo sebanyak 1000 paket dan Jl. HM Rafii lawan Kudeta Mini Soccer sebanyak 1000 paket. Pada pasar murah hari ini, disalurkan beras premium 10 kg, gula 1 kg dan minyak goreng 1 liter dengan total harga Rp.198.000,- dan kemudian disubsidi oleh Pemerintah Provinsi sebesar Rp.178.000,- sehingga masyarakat hanya membayar sebesar Rp.20.000,- per paket. Pada kesempatan tersebut, Gubernur menyampaikan mengratiskan paket sembako untuk masyarakat di wilayah tersebut.

Dalam setiap kunjungan kerja, orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai seringkali menyempatkan diri untuk mendengarkan aspirasi masyarakat. Ini adalah momen penting bagi warga untuk menyampaikan langsung isu-isu yang mereka hadapi, baik terkait pembangunan, layanan publik, maupun kebutuhan sehari-hari. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur H. Sugianto Sabran juga memberikan bantuan secara pribadi kepada puluhan wanita yang sedang hamil, serta puluhan janda dan bantuan usaha bagi pedagang untuk meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari serta dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha. Pasar murah yang mencakup Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng Muhammad Reza Prabowo serta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng atau yang mewakili. Hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Rody Iskandar, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten setempat serta Warga Kelurahan Madurejo.[]Redaksi09.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com