pro.kutaitimurkab.go.id

Lima Sekolah di Kotim Raih Penghargaan Adiwiyata Nasional, Tiga Sekolah Adiwiyata Mandiri

SAMPIT – Lima sekolah di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menerima penghargaan Adiwiyata Nasional 2024 dan tiga sekolah lainnya menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan itu diserahkan oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Alue Dohong Rabu di Auditorium Dr Ir Soejarwo Gedung Manggala Wana Bakti, Jakarta yang juga dihadiri sekolah adiwiyata, DLH Provinsi Kabupaten Kota, Satker BP2SDM serta mitra KLHK.

Kepala DLH Kotim Machmer mengatakan ditingkat Provinsi ada 16 sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata Nasional dan 5 sekolah diantaranya berada di Kotim yaitu SDS 23 Best Agro, SDS Hamparan 2, SMAN 1 Cempaga, SMP Bumitama Metro Cempaga dan SMP Tunas Pertiwi. Sedangkan, penerima penghargaan Adiwiyata Mandiri ditingkat Provinsi Kalteng berjumlah 10 sekolah dan tiga sekolah diantaranya berada di Kotim yaitu SMPS Hamparan 2, SMPS 1 Bumitama Antang Kalang, SDS Bumitama SBHE. “Sekolah-sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri ini sebelumnya sudah melalui proses penilaian secara berjenjang,” kata Machmoer, Kepala DLH Kotim.

Berdasarkan SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 1233 Tahun 2024 menyebutkan bahwa dari hasil penilaian yang telah dilakukan, KLHK menetapkan 512 Sekolah Adiwiyata Nasional dan 208 Sekolah Adiwiyata Mandiri. “Sekolah yang mendapatkan penghargaan ini telah melakukan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) yang dibuktikan dengan melaksanakan 6 aspek perilaku ramah lingkungan hidup,” katanya. Enam aspek itu diantaranya menjaga kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase, menanam dan memelihara tanaman, mengelola sampah dengan 3R, konservasi air, konservasi energi, inovasi terkait Penerapan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH). “Untuk mewujudkan sekolah adiwiyata, DLH berperan memberikan pembinaan untuk membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang,” ujarnya. []

Redaksi09

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com