Satgas TMMD Gelar Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan Bagi Pelajar

TENGGARONG SEBERANG – DALAM rangka mensukseskan gelaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122, Komando Distrik Militer (Kodim) 0906/Kkr menggelar kegiatan Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan, bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan juga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum (BPU), Desa Kerta Buana, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Rabu (09/10/2024) itu disampaikan langsung oleh Kapten Inf. Ali Ahmad yang sekaligus bertindak sebagai narasumber.

Dalam sambutannya, Kapten Ali menjelaskan tentang tujuan dari dilakukannya Penyuluhan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan adalah untuk menanamkan kecintaan terhadap bangsa dan negara kepada para generasi muda.

“Pembinaan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kita ketahui bersama. Karena, di dalamnya terdapat materi pembekalan yang mampu untuk mendidik kita, serta menumbuhkan rasa percaya diri,” jelasnya.

Dia mengatakan, bela negara pada dasarnya merupakan pembekalan materi latihan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme terhadap bangsa dan negara Indonesia. Dan bukan, merupakan latihan berbau militer seperti anggapan sebagian orang.

Diakhir penyampaiannya, Kapten Ali menjelaskan bahwa penyuluhan bela negara serta wawasan kebangsaan merupakan salah satu dari program non fisik dalam gelaran TMMD ke-122, yang dilaksanakan oleh Kodim 0906/Kkr.

“Pada TMMD ke-122 yang digelar ini, ada dua sasaran yang dituju, yaitu sasaran fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik contohnya  berupa pembangunan-pembangunan program ketahanan pangan. Sementara untuk sasaran non fisik contohnya adalah penyuluhan seperti yang kita lakukan sekarang,” tutupnya. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com