Asa Wakil Rakyat di Ajang Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah

PARLEMENTARIA KALTIM – Pada pembukaan Muktamar XVIII Pemuda Muhammadiyah yang digelar di Balikpapan Sport & Conventions Center, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (22/2/2023), sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim turut hadir. Di antaranya adalah Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Masud, Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo, dan anggota Komisi II DPRD Kaltim Masykur Sarmian.

Hasanuddin Masud

Di sela-sela acara yang dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo itu, Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Masud mengucapkan selamat atas terselenggaranya Muktamar Pemuda Muhammadiyah di Bumi Etam Kaltim. “Selamat bermusyawarah Pemuda Muhammadiyah. Mudah-mudahan musyawarah ini menghasilkan memimpin yang bisa memimpin Pemuda Muhammadiyah ke depan lebih baik lagi,” kata politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

Dalam kesempatan yang sama, Sigit Wibowo mengatakan, kehadiran Pemuda Muhammadiyah mampu memberikan kontribusi yang signifikan dan berperan aktif dalam menyukseskan pembangunan IKN. “Ini menjadi momentum bagi pemuda Muhammadiyah untuk berkiprah lebih lanjut, khususnya dalam menyukseskan pembangunan Indonesia secara keseluruhan, terlebih lagi dalam pembangunan IKN ke depan,” ujar anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Di sela-sela acara kegiatan yang sama, Masykur Sarmian berharap Pemuda Muhammadiyah turut ambil peran dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. “Bagaimanapun juga, di era keterbukaan, bangsa kita perlu mengadopsi dan melibatkan seluruh komponen bangsa terutama pemuda,” ujar anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Dikatakan Masykur Sarmian, Pemuda Muhammadiyah harus siap menerima tantangan ini untuk kepentingan kolaborasi. Karena Indonesia tidak mungkin akan dibangun oleh satu kekuatan saja, tetapi perlu juga melibatkan seluruh komponen. “Seperti yang disampaikan oleh Ketua Pemuda Muhammadiyah, bahwa tangan pemuda ini urusan umat dan di kakinya adalah kehidupan bangsa,” kata wakil rakyat kelahiran Surabaya, 12 Agustus 1966 ini.

Sejalan dengan itu, lanjut dia, Presiden Republik Indonesia juga menyampaikan, bahwa potensi sumber daya alam sangat luar biasa, dan harus dikelola dengan baik. “Pengelolaannya harus melibatkan pemuda, melibatkan seluruh potensi anak muda Indonesia, termasuk Pemuda Muhammadiyah,” jelasnya.

Sementara Presiden Joko Widodo didampingi  Gubernur Kaltim Isran Noor dan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir dalam memberikan sambutan saat membuka acara muktamar menaruh harapan besar agar muktamar menghasilkan agenda besar bagi Indonesia dalam rangka mencapai Indonesia maju. “Ini yang rakyat akan mendapatkan kesempatan kerja lebih besar. Selamat bermuktamar Pemuda Muhammadiyah,” kata Presiden.

Gubernur Kaltim Isran Noor juga mendukung arahan Presiden Jokowi, bahwa menuju Indonesia Maju dan IKN, maka peran pemuda sangat diperlukan. “IKN memerlukan pemuda Indonesia yang unggul dan berkemajuan. Untuk itu, sangat diperlukan dukungan penuh dari seluruh pemuda, termasuk Pemuda Muhammadiyah,” ujar Gubernur Kaltim. []

Penulis: Nursiah | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com