DPKH Kaltim Serahkan Perlengkapan Juleha

SAMARINDA – DINAS Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyerahkan peralatan dan perlengkapan Juru Sembeleh Hewan (Juleha).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Brahman Cross, Kantor DKPH Kaltim, Jalan Bhayangkara, Samarinda, Jum’at (14/6/2024) itu dirangkai dengan pelepasan Tim Pengawasan dan Pemeriksaan Kesehatan Hewan dan Daging Kurban.

“Tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Jumlah sapi Bantuan Kemasyarakatan Presiden yang kami terima tahun ini totalnya sebanyak 27 ekor,” ucap Kepala DPKH Kaltim Fahmi Himawan.

Dari 27 ekor itu jelas Fahmi, 25 ekor diantaranya untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) dan dua ekor sisanya untuk Kaltim yang akan ditempatkan di Masjid Islamic Center Samarinda.

“Tentu kami berharap semua proses penyembelihan serta pengawasan dapat berjalan lancar tanpa hambatan. Tahun ini kami juga terbuka kepada pihak yang ingin berkolaborasi dalam mengawasi pelaksanaan kurban,” tuturnya.

 

Sementara untuk Tim Pengawas dan Pemeriksa Hewan Kurban, Fahmi menjelaskan sebanyak 57 orang akan ditugaskan ke kabupaten/kota se-Kaltim. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan proses penyembelihan dan kondisi hewan kurban sudah sesuai dengan ketentuan.

“Tim pengawas akan dikerahkan menjelang, saat hari H dan setelah hari H Idul Adha. Saat ini tim sudah menuju ke lapak-lapak hewan kurban untuk mulai melaksanakan tugas pengawasan,” pungkas Fahmi. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com