Disdikbud Kukar Resmi Membuka O2SN SMP/MTS 2024

KUTAI KARTANEGARA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) secara resmi membuka Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2024. Pembukaan acara, yang sekaligus diikuti dengan pertemuan teknis, berlangsung di Gedung Serbaguna Disdikbud Kukar pada Minggu, (09/06/2024).

Tahun ini, sebanyak 316 siswa dari 53 SMP di seluruh wilayah Kukar akan berlaga dalam O2SN yang diselenggarakan dari 9 hingga 12 Juni 2024. Lima cabang olahraga yang akan dipertandingkan meliputi bulu tangkis, renang, karate, pencak silat, dan atletik.

Kepala Bidang SMP, Eryadi, menyampaikan bahwa pelaksanaan O2SN merupakan program nasional yang harus dilaksanakan dari tingkat provinsi hingga kabupaten. “Alhamdulillah, tahun ini kita dapat mengadakan O2SN lagi dengan jumlah peserta yang hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Eryadi menjelaskan bahwa kegiatan ini sejalan dengan visi kedua Kukar Idaman, yaitu meningkatkan sumber daya manusia yang berketuhanan, berakhlak mulia, unggul, berkarakter, dan berbudaya. “Kami berharap melalui O2SN ini, dapat dihasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, berkarakter, dan bermental baja,” tambahnya.

Lebih lanjut, Eryadi menekankan pentingnya prestasi tidak hanya di bidang akademik, tetapi juga di bidang non-akademik seperti olahraga dan seni. “Selain berprestasi secara akademik, siswa-siswa ini juga diharapkan dapat menunjukkan prestasi dalam bidang olahraga dan seni,” ujarnya.

Kegiatan O2SN ini juga merupakan bagian dari implementasi kurikulum merdeka yang menekankan pentingnya kegiatan ekstrakurikuler dan intrakurikuler. “Kami berharap, selain berprestasi di sekolah, para siswa juga unggul dalam aspek intelektual, emosional, dan spiritual,” pungkas Eryadi. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com