DLH Kaltim Rumuskan DIKPLHD

SAMARINDA – DIKPLHD atau Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah, merupakan dokumen yang berisi laporan kinerja pemerintah daerah atas kinerjanya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dalam program kerja serta kegiatan sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Untuk itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan Rapat Penyusunan DIKPLHD di Hotel Mercure Samarinda, Rabu (19/6/2024). Dengan dipimpin oleh Sekretaris DLH Kaltim Noor Utami, rapat dihadiri oleh DLH Kabupaten Kota, Perangkat Daerah Provinsi serta Instansi Vertikal terkait.

Noor Utami menjelaskan, DIKPLHD merupakan pijakan pemerintah daerah untuk pelaksanaan dan pengembangan kebijakan perlindungan serta pengelolaan lingkungan hidup secara berkelanjutan. Karena itu langkah ini merupakan dasar penting dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan perlindungan serta pengelolaan lingkungan hidup di daerah.

“Setiap Kepala Daerah punya peran dalam menyiapkan data yang akan dilaporkan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk penilaian lebih lanjut,” kata Noor Utami.

 

Rapat ini juga bertujuan untuk mengkoordinasikan pengumpulan data yang diperlukan dalam penyusunan DIKPLHD serta memastikan seluruh pihak terkait dapat berkontribusi secara maksimal dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup di Kaltim. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com