Pertengahan Triwulan II 2024, Realisasi Anggaran Lima OPD Baru 40 Persen

PARLEMENTARIA SAMARINDA – KETUA Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Joha Fajal mengungkapkan, realisasi anggaran 2024 di lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda baru mencapai 40 persen untuk fisik dan rata-rata 28 persen untuk realisasi anggaran.

Hal itu diungkapkan Joha Fajal kepada awak media usai memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I DPRD Samarinda bersama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Samarinda, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Samarinda.

RDP yang dilaksanakan di ruang rapat utama Lantai 2 Kantor DPRD Samarinda, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Jumat (21/06/2024) itu, membahas progres Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni tahun 2024 dan usulan program APBD Perubahan di 2024 serta rencana APBD tahun 2025.

“Kami melihat masih 40 persen terkait fisik, tetapi kalau kegiatan di luar fisik sangat rendah, masih sekitar 28 persen. Makanya kami beri masukan kepada seluruh OPD, agar jangan diakhir tahun baru dikebut,” kata politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini.

Dia mengungkapkan, beberapa kendala yang dialami OPD dalam merealisasikan anggaran yakni adanya perubahan peraturan dalam pelaksanaan sebuah program dan kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) karena ada pegawai yang pensiun atau meninggal dunia.

Joha berharap, serapan anggaran 2024 dapat segera ditingkatkan melebihi angka 50 persen. Sehingga di APBD Perubahan 2024 dapat ditambah anggarannya. Selain itu, pihaknya juga menekankan untuk meningkatkan kerjasama dengan OPD yang lain dalam melaksanakan program kerja.

“Harapan kami sudah di atas 50 persen, karena kalau sudah di atas 50 persen apa bila ada OPD yang mengajukan penambahan anggaran di perubahan itu sangat jelas. Makanya kami memberikan masukan,” tutup wakil rakyat dari daerah pemilihan Kecamatan Palaran, Samarinda Seberang dan Loa Janan Ilir ini. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com