Hadiri PD-PKPNU, Pj Bupati PPU: Wadah Menimba Ilmu dan Perkuat Kapasitas Diri

WARU – PENJABAT (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Makmur Marbun menghadiri kegiatan Pendidikan Dasar – Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD-PKPNU) Angkatan IV Kabupaten PPU di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas, Kecamatan Waru, Jumat (28/06/2024).

Dalam sambutannya, Makmur Marbun menekankan pentingnya acara tersebut sebagai wadah bagi para kader penggerak Nahdatul Ulama (NU) untuk menimba ilmu dan memperkuat kapasitas diri guna kemajuan organisasi dan masyarakat.

“Saya merasa sangat terhormat dan bangga dapat berdiri di hadapan para kader penggerak NU yang penuh semangat. Acara ini sangat penting sebagai wadah bagi para kader untuk menimba ilmu dan memperkuat kapasitas diri guna kemajuan organisasi dan masyarakat,” ujar Makmur Marbun.

Marbun juga menyoroti peran penting NU sebagai salah satu organisasi keagamaan terbesar di Indonesia dalam pembangunan bangsa.

Menurutnya, penguatan kader melalui pendidikan dasar ini merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa NU terus berkontribusi positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dirinya mengapresiasi inisiatif dari NU untuk terus mencetak kader-kader yang berkualitas dan berintegritas.

“Ini adalah investasi jangka panjang bagi kemajuan umat dan bangsa. Saya juga mendorong agar kegiatan pendidikan dan pelatihan seperti ini terus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya,” tambahnya.

Marbun menegaskan pentingnya sinergi antara ulama dan umara (pemerintah) dalam meningkatkan pembangunan di segala bidang. Ia mengingatkan bahwa kedudukan dan peran serta NU harus semakin nyata guna mendorong, membimbing, dan melindungi umat dalam kerangka amal ma’ruf nahi munkar.

“Sebagai mitra pemerintah, NU diharapkan dapat menjadi fasilitator dan dinamisator dalam pembentukan akhlak dan peradaban umat. Momentum Pendidikan Dasar – Pendidikan Kader Penggerak NU ini diharapkan mampu memperkokoh visi bersama dari seluruh jamaah NU,” kata Pj. Bupati PPU.

Ia juga menyampaikan pesan kepada para peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

“Serap ilmu yang diberikan oleh para narasumber dan fasilitator, serta aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mengabdi kepada masyarakat. Tanggung jawab kita sebagai kader penggerak tidak hanya untuk diri kita sendiri, tetapi juga untuk kemajuan umat dan bangsa,” ujarnya.

Pj. Bupati Marbun menutup sambutannya dengan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus NU atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam menyelenggarakan acara ini.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas semua kebaikan dan usaha kita dengan pahala yang berlipat ganda,” pungkasnya.

 

Acara ini dihadiri oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) beserta jajaran, Ketua DPRD Kabupaten PPU Syafruddin N Noor, Sekretaris Daerah PPU Tohar, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten PPU dan para tokoh masyarakat serta agama setempat. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com