Rudi Gunawan: Hanya AYL-AZA yang Maju Melalui Jalur Independen

KUTAI KARTANEGARA – Pasangan Awang Yacoub Luthman (AYL) dan Ahmad Zaiz (AZA) telah resmi mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati melalui jalur independen untuk Pilkada 2024. Keduanya dipastikan akan bertarung dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Pasangan AYL-AZA menyerahkan 42 ribu berkas dukungan yang disimpan dalam 17 kotak ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar. Penyerahan berkas ini dilakukan pada hari terakhir pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Kukar jalur independen, tepat pada Minggu (12/05/2024) pukul 23.03 WITA.

Dengan mengenakan pakaian adat Kutai, pasangan ini memulai proses pendaftaran dengan ritual sumpah serapah tanah Kutai di Halaman Kantor KPU Kukar. “Kami hadir membawa aspirasi tuan kami (rakyat Kukar) untuk berpartisipasi dalam Pilkada 2024,” ujar AYL.

Meski keduanya merupakan kader partai politik, AYL menjelaskan bahwa keputusan mereka untuk maju melalui jalur independen adalah untuk memenuhi amanat rakyat yang menginginkan mereka maju tanpa dukungan partai.

Namun, AYL tidak menutup kemungkinan untuk menerima dukungan dari partai politik di masa mendatang. “Kami tidak menutup segala kemungkinan, tapi yang jelas hari ini kami datang untuk menunaikan amanah rakyat yang disampaikan kepada kami,” tegasnya.

AYL menekankan bahwa langkah ini merupakan bentuk dari keinginan kuat masyarakat, yang terbukti dari sebaran dukungan yang berhasil mereka himpun dari 20 kecamatan di Kukar. “Sebenarnya, kami memiliki lebih dari 50.000 dukungan, namun karena keterbatasan waktu, malam ini kami hanya dapat menyerahkan 42.000,” tambahnya.

Ketua KPU Kukar, Rudi Gunawan, mengonfirmasi bahwa pasangan AYL-AZA adalah satu-satunya kandidat yang maju melalui jalur independen. “Kami akan segera memeriksa dan memverifikasi dokumen yang diserahkan,” ujarnya.

Proses verifikasi administratif akan berlangsung dari tanggal 13 hingga 29 Mei 2024, diikuti dengan verifikasi faktual dan rekapitulasi. Tahapan ini akan menjadi penentu apakah pasangan AYL-AZA memenuhi syarat untuk maju sebagai calon independen. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com