Kali Ini Untuk Guru IPS, Disdikbud Kukar Kembali Gelar MGMP

TENGGARONG – DINAS Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 6 hingga 8 Juli 2024 itu diikuti oleh 186 guru dari berbagai Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri dan swasta yang tersebar di 20 kecamatan di Kabupaten Kukar.

Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Pendidikan (GTK) Disdikbud Kukar Joko Sampurno saat memberikan sambutan pada pembukaan acara tersebut mengungkapkan, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas dan kualitas pembelajaran mata pelajaran IPS di tingkat SMP.

Melalui MGMP kata dia, para guru diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan dalam proses belajar mengajar. Serta berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi terkait perubahan kurikulum dan metodologi pembelajaran.

“Dengan mengikuti kegiatan MGMP ini secara sungguh-sungguh, para guru diharapkan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan di sekolah masing-masing dengan sebaik-baiknya, sehingga kualitas proses pembelajaran dan hasilnya juga akan meningkat,” papar Joko Sampurna saat pembukaan acara di Hotel Grand Fatma, Tenggarong, Sabtu (06/07/2024).

 

Kegiatan ini lanjut dia, juga menjadi forum bagi para guru untuk berdiskusi dan menyetarakan kemampuan, serta membentuk jaringan kerja di tingkat kabupaten dan kecamatan. Selain itu, MGMP diharapkan dapat menjadi wadah untuk tindak lanjut pengembangan kompetensi guru di masa mendatang.

“Peserta MGMP ini terdiri dari para guru yang memang diberikan kewenangan untuk membina mata pelajaran IPS di sekolahnya masing-masing. Harapan kami, mereka dapat membentuk MGMP baik di tingkat kabupaten maupun di kecamatan masing-masing setelah kegiatan ini berakhir,” tambahnya.

Melalui upaya ini, Dinas Pendidikan Kutai Kartanegara berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kualitas pendidikan di wilayahnya, dengan fokus pada pengembangan profesionalitas guru sebagai kunci utama keberhasilan proses pembelajaran. []

Penulis: Nur Rahma Putri Aprilia | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com