Buka Muslub, Kadiskominfo Samarinda Tegaskan Peran Penting RAPI

SAMARINDA – DEWAN Pengawas Penasehat Organisasi Wilayah (DPPOW) Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 1801 Kota Samarinda menggelar Musyawarah Luar Biasa (Muslub) di Aula Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Minggu (7/7/2024).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda Aji Syarif Hidayatullah, mewakili Wali Kota Samarinda.

Saat membacakan sambutan Wali Kota Samarinda, Aji Syarif Hidayatullah mengatakan, RAPI memiliki peran yang sangat penting dalam penyampaian informasi yang jelas dan cepat. Informasi tersebut sangat dibutuhkan sebagai upaya meminimalisir dan menghindari kejadian yang dapat berakibat lebih buruk.

“Untuk itu, peran dan tugas RAPI memerlukan perhatian pemerintah. Terutama para pelaksana radio komunikasi sebagai mitra pemerintah, sehingga menjadi kekuatan pembangunan,” kata kepala dinas yang akrab disapa Dayat ini.

Dayat juga menyampaikan, Wali Kota Samarinda Andi Harun menyambut gembira dilaksanakannya Muslub RAPI Wilayah 1801 ini. Karena menurutnya, kegiatan tersebut merupakan implementasi tanggungjawab para pelaksana radio komunikasi dalam melaksanakan aturan atau Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) organisasinya.

“Saya mengharapkan, Musyawarah Luar Biasa RAPI 1801 Wilayah Kota Samarinda yang dilaksanakan hari ini bisa memupuk kebersamaan antar anggota, memberikan pelatihan dan pendidikan kepada masyarakat tentang kebenaran setiap informasi. Serta ikut ambil peran dalam mendorong Samarinda menjadi Kota Pusat Peradaban,” paparnya lagi.

RAPI lanjut dia, juga merupakan wadah berhimpunnya warga masyarakat pengguna radio frekuensi. Oleh karena itu RAPI dituntut mengembangkan peran agar lebih terasa manfaatnya bagi pemerintah dan masyarakat.

RAPI sebagai bagian dari sistem telekomunikasi elektronika nasional mempunyai arti strategis dalam upaya memperkuat dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, memperlancar kegiatan pemerintah, mendorong pertumbuhan ekonomi, memantapkan stabilitas nasional yang sehat dan dinamis serta mempererat hubungan antar bangsa.

 

Dia juga menekankan bahwa Ketua Wilayah RAPI yang baru harus dapat berbuat lebih banyak karena tuntutan pembangunan yang sangat pesat dan juga dinamika masyarakat yang semakin komplek. Serta kondisi alam yang cenderung berubah secara ekstrim, sehingga dapat membawa roda organisasi kearah yang lebih baik lagi.

“Dan ini sejalan dengan syair yang tersurat dalam lagu Mars RAPI yaitu “siap berkorban jiwa raga”, yang mengandung makna tersirat bahwa RAPI merupakan organisasi yang mempunyai semangat rela berkorban demi masyarakat dan negara,” pungkasnya.

Musyawarah yang berlangsung hingga tengah hari itu berhasil memilih Akhmad Faisal sebagai Ketua DPPOW dengan para Anggota DPPOW masing-masing; Ishaq Lubis, Bahrudin, M. Rusli, dan Didiansyah.

Adapun Ketua Wilayah dijabat oleh H. Ahmad Syaiful, Wakil Ketua I Malik Ibrahim, Wakil Ketua II Ainoel Machmuri, Wakil Ketua III Inandar, dan Sekretaris Muhammad Yusri. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com