Pelaksanaan PPDB 2024 di Samarinda, Maswedi Beri Nilai 8,5

PARLEMENTARIA SAMARINDA – BERAKHIRNYA pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kota Samarinda Tahun 2024 ini, mendapat nilai 8,5 dari anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Maswedi.

“Untuk PPDB tahun 2024 kali ini, saya memberikan nilai 8,5. Karena Dinas Pendidikan Samarinda saat kita panggil hearing selalu menyampaikan kesiapan sekolah-sekolah untuk melaksanakan PPDB, cuma masih ada keluhan yang tidak terduga dari orang tua murit,” ujar Maswedi kepada awak media saat ditemui di ruang kerjanya Lantai 4 Gedung DPRD Samarinda, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Selasa (09/07/2024).

Dia mengungkapkan, pihaknya menilai jalur prestasi dan jalur afirmatih dapat dijadikan peluang untuk adanya sekolah favorit. Karena bagi murid yang pintar dapat dengan mudah memilih sekolah yang diinginkannya, sehingga akan terkumpul dalam salah satu sekolah yang muridnya kebanyakan anak berprestasi semua.

“Jalur prestasi dan afirmasi itu salah satu bentuk masih ada peluang orang untuk masuk ke sekolah favorit. Akan membuka peluang juga buat terkonsentrasinya orang yang punya, orang pintar di satu sekolah tertentu,” kata politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini.

Dilanjutkan Maswedi, pendaftaran PPDB 2024 belum berjalan degan lancar namun untuk sistem zonasi yang bertujuan dapat menghilangkan adanya sekolah unggulan dan mendekatkan para murid dengan tempat bersekolahnya telah berjalan dengan baik.

“Dengan kondisi yang kita lihat hari ini masih ada beberapa yang belum terlaksana dengan baik karena sistem zonasi dapat membuat merata tetapi masih ada peluang lain yang bisa buat orang lain masuk ke sekolah tertentu,” tutur wakil rakyat dari daerah pemilihan Kecamatan Samarinda Ulu dan Sungai Pinang ini.

Maswedi mengatakan, secara keseluruhan PPDB 2024 telah berjalan dengan lancar. Walaupun ada beberapa catatan, masih ada kekecewaan dari orang tua murid yang anaknya tidak masuk pada sekolah yang dekat dengan tempat tinggalnya.

“Kondisi pelaksanaan PPDB di Samarinda sudah cukup bagus, meskipun masih ada secara administrasi ada siswa atau orang tua siswa yang tidak diterima dalam sekolah tertentu itu hanya masalah administrasi saja,” tutup Maswedi. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com