Temui Korban Kebakaran Loa Ipuh, Bupati Kukar Minta Tingkatkan Kewaspadaan

TENGGARONG  – Di tengah jadwalnya yang padat, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah masih menyempatkan diri untuk mengunjungi korban kebakaran di Jalan Gunung Belah, RT 44, Kelurahan Loa Ipuh, Kecamatan Tenggarong, Rabu (10/7/2024).

Selain meninjau langsung dan memberikan semangat kepada para korban kebakaran, Bupati Edi Damasyah juga menyerahkan bantuan berupa alat masak, bahan pokok makanan, obat-obatan hingga selimut. Bantuan sosial (Bansos) yang disiapkan Dinsos Kukar itu bertujuan untuk meringankan beban warga yang terdampak.

“Saya mengimbau kepada masyarakat, untuk menjaga lingkungan, tetap waspada dan memastikan kondisi rumah, sebelum berpergian mengecek aliran listrik, jangan sampai masih tersambung,” kata Edi.

Setelah memberikan bantuan Edi menyambangi rumah warga yang hangus terbakar. Selain satu rumah, ada juga tiga rumah toko (ruko) yang turut terbakar. Suasana haru masih membekas di wajah para korban kebakaran, khususnya kaum ibu-ibu. Rata-rata mereka yang terdampak berusia lanjut (lansia), yang hanya mengandalkan ladang rezeki melalui wirausaha, tetapi semuanya habis terbakar.

Karena penyebab kebakaran adalah arus pendek listrik. Pada kesempatan ini Edi turut mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan menjaga lingkungan mereka. Dengan memastikan terlebih dahulu kondisi rumah ketika ingin bepergian. Karena, bencana ini bukanlah kehendak siapapun. Namun masih dapat dilakukan upaya pencegahan.

“Ini mesti kita jadikan pelajaran bersama untuk warga di sini, dalam sebulan telah terjadi dua kali kebakaran di Kelurahan Loa Ipuh. Jangan sepelekan masalah api, ini sangat berbahaya jika kita abaikan. Mari kita renungkan Bersama, tidak ada seorangpun yang mau musibah ini terjadi, tetapi ini adalah kehendak, namun kita harus tetap berusaha,” papar bupati.

 

“Saya sangat mengapresiasi kinerja para relawan bersinergi membantu masyarakat bila terjadi kebakaran. Yang terpenting upaya kita bersama melakukan waspada, dan saya lihat Tenggarong paling banyak relawan yang membantu,” tutup Edi.

Diketahui kebakaran di Jalan Gunung Belah, RT 44, Kelurahan Loa Ipuh, terjadi pada Selasa 9 Juli 2024 kemarin. Sebanyak lima Kepala Keluarga (KK) dan 12 jiwa terdampak dari kejadian tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Edi Damansyah didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kukar Yuliandris, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar Setianto Nugroho Aji, Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi (Proko) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar Ismed, Camat Tenggarong Sukono, Lurah Loa Ipuh Erri Suparjan dan perwakilan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kukar. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com