Resmikan Jembatan Sedulang, Bupati Kukar: Alhamdulillah Sudah Terwujud

MUARA KAMAN – DITANDAI pengguntingan pita, penandatanganan prasasti dan pemecahan kendi, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan Jembatan Desa Sedulang, Kecamatan Muara Kaman, Kukar, Jumat (12/07/2024).

Turut hadir dalam peresmian tersebut, diantaranya Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kukar Wiyono, Camat Muara Kaman Barliang, Kepala Desa Sedulang, ulama dan tokoh masyarakat setempat beserta warga.

Pembangunan jembatan tersebut merupakan hasil dari usulan masyarakat yang menginginkan jembatan yang lebih lebar dan kokoh. Jembatan sebelumnya hanya memiliki lebar dua meter, sehingga menyulitkan akses pergerakan masyarakat.

“Alhamdulillah sudah terwujud, artinya dari usulan itu jembatan ini sangat dibutuhkan masyarakat agar angkutan barang dan orang lancar,” ujar Edi.

 

Sementara Kepala Dinas PU Kukar Wiyono menjelaskan, jembatan yang baru diresmikan itu merupakan pengganti jembatan yang rusak 2023 lalu. Konstruksi jembatan baru ini dengan panjang keseluruhan 60 meter dan bentang tengah 30. Kelebihan jembatan ini sedikit hambatan di air, sehingga lebih aman.

“Jika ada tanaman air dan sejenisnya yang tersangkut di bawah jembatan ini harap dibersihkan, pelihara sama-sama jembatan ini,” ujar Wiyono.

Dibangun dengan total anggaran Rp 5 miliar, jembatan ini diharapkan mampu meningkatkan konektivitas dan memperlancar akses bagi masyarakat Desa Sedulang dan sekitarnya.

“Nanti lanjutannya akan dikerjakan jalan secara bertahap. Pekerjaan jembatan ini relatif cepat hitungan bulan saja. Ini bisa dijadikan prototype jembatan yang keadaan lokasinya mirip seperti di desa Sedulang,” imbuhnya lagi. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com