Marnabas Jadi Asisten II Pemkot Samarinda, Ini Program Kerjanya

SAMARINDA – WALI Kota Samarinda Andi Harun melantik sekaligus mengambil sumpah enam pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda. Kegiatan itu digelar di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Samarinda, Jalan Mayjen S Parman No 1, Samarinda, Senin (19/08/2024).

Keenam pejabat yang dilantik yaitu Nurrahmani ditempatkan sebagai Kepala Dinas Perdagangan Samarinda, Marnabas sebagai Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota Samarinda, dan Julia Noor sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Kemudian, Isfihani ditempatkan sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Jusmaramdhana Alus sebagai Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian serta Sucipto Wasis sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik.

Usai dilantik, Marnabas menegaskan komitmenya untuk lebih banyak di lapangan ketimbang duduk di kantor. Sehingga dapat menyokong program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di bawah kewenangannya agar cepat tercapai.

“Saya akan terjun ke OPD di bawah koordinasi Asisten II, membantu program kerja. Ada petanya, ada kompasnya dan ada gerakan. Insya Allah saya akan menggunakan itu untuk dikerjakan bersama-sama, sehingga program OPD dapat lebih terarah,” kata mantan Kepala Dinas Perdagangan ini.

Dia mengungkapkan, banyak program prioritas dari OPD yang ada di bawah naungannya menjadi sorotan dan harus segera dapat diselesaikan. Dia memberikan salah satu contoh, tugas Dinas Perhubungan yang harus mengupayakan tidak ada kemacetan di Samarinda.

“Dinas Perdagangan banyak pekerjaannya, di perindustrian juga banyak. Kemudian Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan yang tugasnya bagaimana caranya supaya Samarinda tidak macet, itu intinya,” tutur pria kelahiran Pinrang ini.

 

Marnabas menjelaskan, program  yang difokuskan selanjutnya adalah menumbuhkan perekonomian di Samarinda dengan cara memaksimalkan peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar dapat terus tumbuh.

Terlebih dengan akan adanya Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-30 di Samarinda, maka menurut dia perlu ada daya tarik, seperti Teras Samarinda untuk dapat segera diresmikan.

“Untuk UMKM kami membina, bagaimana bisa berbuat maksimal. Kami juga akan mempersiapkan fasilitasnya, seperti Teras Samarinda mudah-mudahan segera diresmikan oleh Wali Kota Samarinda,” ungkap Marnabas yang menyandang gelar Magister ini.

Selain itu, Marnabas juga meminta para pejabat untuk tidak mengedepankan egoisme sektoral. Tapi lebih membangun sinergi yang dibarengi dengan sikap saling percaya dan memahami serta dapat menerapkan nilai-nilai leadership sehingga pelaksanaan tugasnya sesuai target.

“Dengan teman-teman OPD nanti kita bersenergi dan kami akan percepat program yang ada supaya cepat selesa,” tutup Marnabas. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com