Pimpin Apel Pagi, Pj Bupati Minta Pegawai Lebih Disiplin dan Tidak Terlibat Politik

PENAJAM – PENJABAT (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun memimpin jalannya apel pagi di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten PPU, Senin (26/8/2024).

Di sela-sela apel pagi yang merupakan rutinitas sebelum melaksanakan pelayanan dan tugas-tugas pemerintahan tersebut, Makmur Marbun meminta seluruh pegawai, baik Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Setda PPU untuk terus menjaga kedisiplinan. Baik dalam kehadiran maupun saat menjalankan tugas-tugas wajib sebagai unsur pemerintah daerah.

“Kedisiplinan ini wajib kita jaga dan tingkatkan, karena ini adalah kunci awal untuk mendukung segala tugas dan fungsi kita masing-masing di lingkungan Setdakab PPU,” ujar Marbun.

Menurutnya, pelayanan pemerintah memerlukan dukungan dari setiap bagian, sehingga diperlukan sinergi dan kerja sama yang baik dari setiap pimpinan hingga seluruh jajaran di tingkat bawah.

“Sekretariat Daerah ini adalah lead sector utama, jadi jaga harmonisasinya dengan baik. Setda adalah contoh bagi unit kerja lainnya,” tambahnya.

Selain itu, berkaitan dengan tahun pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang semakin dekat, Marbun memberikan tekanan kepada seluruh jajaran ASN dan THL untuk menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis demi menjaga kondusivitas jelang Pilkada.

“ASN dan THL harus menjaga netralitas sebagai pelaksana pemerintahan. Masing-masing kita memang memiliki pilihan, tetapi cukup di dalam hati dan diaspirasikan dalam bilik suara saja saat pemilu nanti,” kata Marbun.

 

Lebih lanjut, ia juga mengingatkan bahwa menjelang Pilkada mendatang, seluruh ASN dan THL harus menjadi contoh dalam menjaga kondusivitas daerah, sehingga dapat meminimalisir terjadinya atau hal-hal lain yang tidak diinginkan selama pelaksanaan pilkada.

“Sebagai jajaran pemerintah daerah, khususnya di sekretariat daerah, kita harus fokus dan bertanggung jawab terhadap seluruh tugas dan kewajiban kita dalam melaksanakan pelayanan pemerintahan yang ada saat ini,” tutupnya.

Pada apel tersebut turut hadir Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Bagian di lingkup Setda Kab PPU, serta para ASN dan THL di Setda Kab PPU. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com