Danrem 091/ASN Panen Raya Padi di Desa Sumber Sari

LOA KULU – KOMANDAN Resort Militer (Danrem) 091/Aji Surya Natakusuma (ASN) Brigjen TNI Anggara Sitompul bersama Komandan Kodim (Dandim) 0906/Kkr Letkol Czi Damai Adi Setiawan, serta Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, lakukan panen raya padi di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kukar, Kamis (05/09/2024).

Panen raya tersebut merupakan bagian dari upaya mendukung program ketahanan pangan dan juga untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Jenis padi yang ditanam di sawah seluas 15,5 hektar itu merupakan Varietas Mekongga yang memiliki umur pendek. Di mana masa tanamnya hanya sekitar 90 hari, sudah dapat menghasilkan gabah yang siap dipanen oleh para petani.

“Hari ini kami bersama dengan pemerintahan daerah dan juga Kodim 0906/Kkr, serta Kelompok Tani Sari Rejeki Desa Sumber Sari melakukan panen raya,” ucap Brigjen TNI Anggara Sitompul.

Dia menjelaskan, panen raya yang dilakukannya itu merupakan sinergitas antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar bersama Kodim 0906/Kkr dan Kelompok Tani Sari Rejeki. Di mana Pemkab dan Kodim bersama-sama melakukan pendampingan untuk memberikan informasi serta memotivasi para petani, agar mampu meningkatkan hasil pertanian.

“Dan terbukti, pada panen kali ini sekitar 15,5 hektar, di dalam satu hektarnya dapat menghasilkan lima sampai enam ton gabah,” ujar jenderal bintang satu ini.

Danrem mengatakan, panen raya tersebut bertujuan meningkatkan kegiatan pertanian dan diharapkan dapat mendorong serta memberikan semangat kepada para petani. Dengan begitu, dapat membantu program percepatan pemerintah dalam menuju swasembada pangan.

 

Brigjen Anggara Sitompul berharap, program pendampingan terhadap para petani dapat terus dilakukan oleh Pemkab Kukar bersama Kodim 0906/Kkr. Agar hasil panen para petani dapat terus meningkat, sehingga program ketahanan pangan nasional bisa tercapai.

“Khususnya di daerah Kukar, paling tidak bisa swasembada pangan. Ini merupakan program unggulan Bapak Kasad, semoga ini dapat tercapai dan terwujud dengan baik,” pungkasnya. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com