7 Fraksi DPRD Kaltim Terbentuk Lewat Rapat Paripurna

PARLEMENTARIA KALTIM – ANGGOTA Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) periode 2024-2029 mengawali kerjanya dengan menghadiri rapat paripurna internal pada Selasa (17/09/2024).

Dalam rapat itu, Hasanuddin Mas’ud selalu ketua sementara mengatakan telah terbentuk tujuh fraksi di DPRD Kaltim. Adapun tujuh fraksi tersebut yakni Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Fraksi Golongan Karya (Golkar), Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kemudian, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Fraksi Gabungan dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dengan Partai Amanah Nasional (PAN) serta Fraksi Gabungan dari Partai Demokrat dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Ada tujuh fraksi yang terbentuk dan ada dua fraksi gabungan yakni PAN dengan Nasdem dan Demokrat dengan PPP,” jelas Hamas, sapaan akrabnya kepada awak media usai memimpin rapat Paripurna di Gedung rapat utama kompleks perkantoran DPRD Kaltim Jalan Teuku Umar, Karang Paci, Samarinda.

Dia mengungkapkan, dalam rapat paripurna juga diumumkan usulan nama Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim yang baru untuk disodorkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, karena masa tugas Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik akan berakhir pada 02 Oktober 2024 mendatang. Seluruh Ketua Fraksi di DPRD Kaltim kata dia, telah memberikan dua nama.

“Kami minta pada para Ketua Fraksi untuk menyiapkan tiga nama calon Pj dan fraksi menyodorkan dua nama, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim dan Pj sekarang,” ungkap politisi Partai Golkar ini.

Hamas menerangkan, rapat paripurna sempat terjadi perdebatan yang cukup panjang terkait diumumkan atau tidak usulan nama penganti Pj Gubernur Kaltim yang sudah disepakati kepada masyarakat yang akan diserahkan pada Kemendagri.

“Tadi yang agak alot terkait pengumuman nama usulan Pj, tapi hasil rapat kami di DPRD diwakili ketua dan wakil ketua fraksi, nama itu diumumkan saja kepada masyarakat,” tutup wakil rakyat dari daerah pemilihan Balikpapan ini. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com