UMKM Kalteng Berpeluang Berkembang, Bank Kalteng Siapkan Program Wirausaha Muda

PALANGKA RAYA –  Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran berikan apresiasi program terobosan sentra layanan pelaku usaha yang memberikan pendampingan lanjutan seluruh UMKM di Kalimantan Tengah. Hal itu ia katakan pada kegiatan Awarding Selalu Berkah Bank Kalteng, bertempat di Aula Jayang Tingang Lantai I Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Rabu (25/09/2024).

Ivo Sugianto Sabran mengucapkan selamat bagi peserta UMKM binaan provinsi Kalimantan Tengah yang mendapat award dan reward, dengan melalui seleksi bertahap dan berjenjang mulai kab/kota, kantor cabang bersama juri yang kompeten dan objektif. “Saya titip kepada bapak ibu pimpinan Bank Kalteng, UMKM binaan supaya dibina secara berkala, peningkatan kompetensi para pengrajin dan pelaku UMKM-nya,” kata Ivo.

“Ini sejalan dengan apa yang menjadi visi misi Bapak Gubernur dan juga Dekranasda Kalteng untuk senantiasa terus memberdayakan pertumbuhan ekonomi, dan juga perluasan pasar,” ucapnya.

Ketua Dekranasda Prov. Kalteng berharap adanya pemberian literasi keuangan dan permodalan, bagaimana menjadi debitur yang baik, baik melalui Bank Kalteng maupun berkolaborasi dengan OJK.

“Mudah-mudahan ke depan Bank Kalteng ada program menjaring wirausahawan pemula, muda, yang kita harapkan produknya berkualitas, berdaya saing dan bervalue. Serta semoga memberikan motivasi untuk mendukung kemandirian ekonomi Kalimantan Tengah,” tutupnya.

Direktur Pemasaran Bank Kalteng Marjuki saat menyampaikan laporan

Pada Kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran Bank Kalteng Marjuki menyampaikan salah satu pilar perekonomian Kalimantan Tengah adalah UMKM. “Harapan kami UMKM naik kelas, omzet bertambah, usaha berkembang dan naik dari ultra mikro menjadi kredit mikro. Karena Kalteng memiliki SDA yang berlimpah dan potensinya sangat besar, banyak SDA yang dapat kita jadikan dasar untuk memulai bisnis seperti rotan yang dapat diolah dan dikembangkan sebagai suatu usaha yang dapat dijadikan peluang menjadi UMKM sukses”, pungkasnya.

Adapun yang mendapatkan reward pada acara tersebut yakni, Juara I Batik Matan Andau Palangka Raya, Juara II Jawet Bawi Dayak Pulang Pisau, Juara III Rahmat Lestari Collection Nanga Bulik. Dilanjutkan yang meraih Juara Harapan I UD Nabil Reihan Rotan Kapuas, Juara Harapan II Hapakat Manjawet Katingan serta Best Start Up Sabun Turan Amis Tamiang Layang, Andina Attire Sampit dan Batik Linsay Mura Puruk Cahu.

Foto bersama

Turut Hadir Sekretaris Dekranasda Sayid Zainudin, Kadis Koperasi dan UMKM Prov. Kalteng Norhani, Pimpinan Perbankan atau diwakili dan peserta pelaku UMKM di Kalteng. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com