Bangun Sinergi, LPP Tenggarong Silaturahmi ke Disperindag Kukar

TENGGARONG – GUNA membangun sinergi, khususnya dalam hal memasarkan produk-produk kerajinan tangan para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Perempuan Tenggarong Triana Agustin bersama jajaran petugas Lapas, melakukan kunjungan silaturahmi ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Jalan Jenderal Sudirman, Melayu, Tenggarong, Rabu (23/10/2024).

Kunjungan tersebut disambut hangat Kepala Dinas Disperindag Kukar Fathullah didampingi Kepala Bidang (Kabid) Promosi dan Informasi Hamidin.

Pada pertemuan itu, Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II A Tenggarong bersama Disperindag Kukar membahas tentang kegiatan serta pelatihan yang diberikan kepada para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di LPP Tenggarong, termasuk membahas produk-produk yang dihasilkan para WBP.

“Kegiatan serta pelatihan yang diberikan kepada para WBP, diharapkan dapat memberikan bekal serta keterampilan bagi mereka. Sehingga, mereka dapat hidup mandiri dan mempunyai keterampilan yang cukup untuk menjalani hidupnya kedepan,” ungkap Kalapas LPP Tenggarong Triana Agustin

Dia menjelaskan, pelatihan serta keterampilan yang diberikan melalui beberapa program yang ada, diantaranya pelatihan bakery, handicraft, membatik, pertanian, salon, dan juga laundry.

 

Sementara Kepala Dinas Disperindag Kukar Fathullah mengapresiasi bentuk-bentuk pelatihan yang diberikan kepada para WBP. Menurutnya, hal itu akan menjadi sangat penting bagi mereka kedepannya, setelah selesai menjalani hukuman.

“Penting bagi mereka untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan, agar mereka ke depannya memiliki suatu keterampilan, yang dapat membuat mereka menjadi mandiri setelah selesai menjalani hukuman di Lapas,” jelasnya.

Kunjungan tersebut bukan hanya sebagai bentuk silaturahmi, akan tetapi juga sebagai langkah nyata dalam membangun masa depan yang lebih baik lagi bagi para WBP di Lapas Perempuan Tenggarong.

Sinergi yang dilakukan oleh LPP Tenggarong bersama Disperindag Kukar merupakan hal penting dalam upaya meningkatkan kualitas hidup para WBP. Melalui kolaborasi ini, diharapkan dapat tercipta peluang baru yang berkelanjutan bagi mereka. []

Penulis: Rudi Harahap | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com