Kegiatan donor darah yang diinisiasi BDDS bekerjasama dengan PMI Samarinda di Mall City Centrum Jalan Mulawarman, Minggu pagi (09/07/23). -(Foto : Salsabila)

BDDS Ajak Masyarakat Rutin Donor Darah Guna Pemenuhan Stok di PMI

Kegiatan donor darah yang diinisiasi BDDS bekerjasama dengan PMI Samarinda di Mall City Centrum Jalan Mulawarman, Minggu pagi (09/07/23). -(Foto : Salsabila)

 

SAMARINDA – KEGIATAN Donor Darah yang diinisiasi oleh Bubuhan Donor Darah Samarinda (BDDS) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Samarinda menjadi pemandangan menarik di Mall City Centrum Jalan Mulawarman, Minggu pagi (09/07/23).

Sejumlah pengunjung dan masyarakat umum sangat antusias mendonorkan darah mulai pukul 10.00-14.30 WITA. Berbagai merchandise juga diberikan bagi setiap pendonor, dengan bebas memilih yang diinginkan pendonor. Diantaranya tumbler, mug, kaos dan jam untuk seluruh pendonor. Adapula merchandise eksklusif dari Bubuhan Donor Darah Samarinda (BDDS) berupa emas/logam mulia.

Koordinatior BDDS Wiyanto Lesmana -(Foto : Salsabila)

Koordinatior BDDS Wiyanto Lesmana mengatakan, kegiatan ini merupakan kerjasama antara Palang Merah Indonesia Samarinda dan Mall City Centrum yang secara rutin mengadakan kegiatan donor darah di berbagai pusat keramaian.

“Kegiatan donor darah ini dalam sebulan bisa sampai dua kali di berbagai tempat, kebetulan bulan ini di Mall City Centrum,” ungkapnya.

lebih lanjut, Wiyanto menerangkan bahwasanya, pengunjung yang mendonor dengan kuota perevent-nya 250 orang dengan target perolehan kantong darah 300 sampai 500 kantong. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan ini dapat membantu pemenuhan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Samarinda.

Komunitas BDDS sendiri jelas Wiyanto, terbentuk sejak 2016, bermula dari banyaknya permintaan darah yang sangat tinggi di masyarakat. “Permintaah darah saat itu sangat tinggi, sementara belum ada tempat bernaung dan berkordinasi untuk para pendonor,” jelasnya saat ditemui media ini di tengah kegiatan donor darah.

“Kegiatan ini penting selalu diadakan guna mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya, terutama untuk kebutuhan pasien yang sedang meningkat agar stok selalu terpenuhi di PMI,” tutupnya. []

Penulis : Salsabila
Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com