Distransnaker Kukar Kembali Gelar Job Fair

KUTAI KARTANEGARA – Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kutai Kartanegara (Kukar), kembali menggelar rangkaian job fair atau bursa kerja yang kedua di tahun 2023. Bursa kerja ini dilaksanakan di Gedung Putri Karang Melenu (PKM), Tenggarong Seberang, selama dua hari, sejak Rabu (15/11/2023) hingga Kamis (16/11/2023) esok.

Kepala Distransnaker Kukar Muhammad Hatta menjelaskan bahwa gelaran job fair yang kedua ini merupakan komitmen dan implementasi atas Program Kukar Siap Kerja dalam visi misi Kukar Idaman yang masuk dalam kewenangan Distransnaker Kukar.

Job fair  dilaksanakan dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. “Hari ini kami Distransnaker Kukar memberi kesempatan kepada masyarakat Kukar untuk dapat ikut serta,” ujar Muhammad Hatta

Sebanyak 34 perusahaan  mengikuti job fair kedua di tahun 2023 ini, terdiri dua belas perusahaan pertambangan, tiga perusahaan perkebunan, sembilan jasa keuangan, tujuh perdagangan, satu perusahaan konstruksi dan satu perhotelan. Kuota kerja yang disediakan adalah sebanyak 740 untuk 160 posisi.

Hatta juga berharap banyak pencari kerja Kukar yang tertarik dengan job fair kali ini. Hal ini juga termasuk meminta perusahaan peserta untuk mengurangi persyaratan yang harus dipenuhi pelamar, di antaranya berkaitan dengan sertifikasi. Terbukti ada beberapa perusahaan yang menawarkan kesempatan kerja tanpa pengalaman kerja, namun ada juga harapan para pencari kerja bisa memperoleh keterampilan secara sendiri.

“Khususnya lulusan baru yang biasanya minim pengalaman, persaingan ketat, dan idealisme tinggi, akan menghadapi banyak tantangan. Tingkatkan hard skill dan soft skill untuk bersiap menghadapi wawancara dan tantangan dengan berani,” ungkap Muhammad Hatta.

Sementara itu, tanggapan positif juga mengalir dari Miftah Farid, salah seorang pelamar bursa kerja, ia mengaku sangat terbantu dengan hadirnya job fair, karena bisa membantunya mendapatkan pekerjaan. Sebelumnya dirinya bekerja di sektor jasa keuangan namun dan ingin mencoba dan berkarier di bidang lain.

“Saya baru saja keluar dari pekerjaan, jadi saya sudah memiliki pengalaman bekerja. Saya menghadiri job fair ini dan ingin mencoba di bidang pertambangan atau perkebunan,” kata Miftah Farid.

Lebih lanjut, Miftah Farid menyampaikan job fair sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang mencari pekerjaan serta yang baru lulus sekolah tidak lagi kesulitan mendatangi perusahaan untuk mencari pekerjaan. Sebab pada job fair kali ini, puluhan perusahaan  hadir langsung dan membantu para pencari kerja dengan mudah memilih sesuai preferensi pribadi.

“Di sini semuanya sudah terkumpul jadi sangat terbantu, tidak perlu ke sana kemari mencari pekerjaan. Semoga para pencari kerja di sini dapat menemukan pekerjaan berdasarkan posisi yang dilamarnya,” tutup Miftah Farid. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com