FH Unmul Selenggarakan Seminar Internasional Maritime Security

SAMARINDA – FAKULTAS Hukum Universitas Mulawarman (FH Unmul) selenggarakan Seminar Internasional Maritime Security and International Shipping Current Developments di Kampus FH Unmul Jalan Sambaliung Nomor 1 Samarinda, Rabu (6/12/2023).

“Seminar ini diselenggarakan sebagai implementasi kerjasama dari Universitas Mulawarman, Universitas Padjadjaran dan National University of Singapore,” kata Dekan FH Unmul Mahendra Putra Kurnia.

Dia menjelaskan, tujuan pelaksanaan seminar internasional karena masalah maritime security (keamanan kelautan) ini merupakan objek yang tidak akan habis pembahasannya bagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

“Indonesia tidak akan terlepas dari persoalan maritime situations (situasi kelautan) terutama aspek pertahanan kedaulatan kelautan,” katanya.

Tujuan lain dilaksanakannya seminar lanjut dia, adalah memperkuat kemampuan dan ketajaman analisa dalam mengatasi masalah keamanan maritim tradisional dan non tradisional.

Sebagai negara kepulauan menurut dia, Indonesia kerap menghadapi situasi dalam lingkup kelautan. Seperti penetapan batas maritim yang merupakan tonggak atau simbol dimulainya kedaulatan negara akan kewenangan eksplorasi, kewenangan eksploitasi, konservasi dan kewenangan pengelolaan kekayaan laut serta penegakan keamanan juga kedaulatan negara.

“Lingkup keamanan laut meliputi ruang lingkungan hidup, pembangunan ekonomi, potensi sumber daya dan keamanan nasional,” kata Mahendra.

Dia berharap, dengan seminar ini seluruh partisipan dan peserta akan mendapatkan ilmu serta pemahaman mendalam yang dapat dijadikan acuan untuk mengatasi masalah keamanan maritim baik secara akademis maupun praktis. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com