Deni Tekankan Pentingnya Peningkatan Pelayanan di Puskesmas

PARLEMENTARIA SAMARINDA – Sekretaris Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Samarinda Deni Hakim Anwar menekankan pentingnya peningkatan pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), khususnya ketersediaan dokter dan tenaga kesehatan.

Deni meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda untuk fokus tidak hanya pada layanan Dokter On Call (DOC) saja, tetapi juga pada peningkatan kualitas pelayanan di puskesmas.

“Selain DOC, puskesmas harus memiliki dokter yang standby di sana. Saat ini, hampir semua rujukan BPJS kan dari puskesmas, jadi kita minta puskesmas itu ditingkatkan pelayanannya, termasuk ketersediaan tenaga kesehatan dan dokternya,” ujar Deni kepada awak media di Kantor DPRD Samarinda Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Rabu (24/01/2024).

Menurutnya, penting bahwa pelayanan pertama atau pertolongan pertama kali diberikan di puskesmas. Oleh karena itu, pembenahan dan peningkatan pelayanan di puskesmas menjadi suatu kebutuhan yang mendesak.

“DOC bagus saja sih sampai saat ini, karena kita tidak di musim Covid. Tapi di Covid kemarin kan luar biasa intensitas masyarakat yang melakukan pengaduan,” katanya.

“Tapi di saat ini mungkin tidak terlalu banyak karena DOC yang spesifikasinya adalah ketika melakukan penanganan terhadap orang yang mengalami kondisi yang betul-betul butuh pertolongan, bukan sakit biasa saja tapi yang memang sakitnya yang terindikasi berat dan berbahaya,” jelas Deni kembali.

Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu juga menyoroti penambahan fasilitas DOC dengan dilengkapi mobil kesehatan yang diluncurkan baru-baru ini. Dengan dua unit mobil kesehatan, Deni berharap masyarakat dapat segera mendapatkan pertolongan medis yang cepat dan berkualitas.

“Memang fasilitasnya itu ada, tinggal bagaimana tenaga kesehatan ini betul-betul bisa memberikan pertolongan dan pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya.

Deni Hakim Anwar, mengakhiri pernyataannya dengan harapan bahwa peningkatan pelayanan kesehatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Samarinda, memastikan bahwa setiap orang yang membutuhkan pertolongan medis mendapatkan pelayanan yang optimal.

“Fasilitas tersebut diharapkan dapat memberikan dukungan maksimal dalam menghadapi kondisi darurat dan meningkatkan aksesibilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat Samarinda,” pungkasnya. []

ADV/Redaksi07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com