Kukar Jadi Tuan Rumah Pameran Alat Musik Tradisional Nusantara 2024

TENGGARONG – KABUPATEN Kutai Kartanegara (Kukar) bakal menjadi tuan rumah Pameran Alat Musik Tradisional Nusantara 2024. Kegiatan tersebut direncanakan digelar di Museum Mulawarman pada tanggal 20 hingga 26 Juli 2024.

“Tahun ini Museum Mulawarman menjadi tuan rumah pameran alat musik tradisional Nusantara, sebuah acara yang menampilkan kekayaan budaya Indonesia melalui alunan musik etnik warisan leluhur,” kata Kasubag Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Mulawarman Sugiono Ideal saat ditemui beritaborneo.com di Tenggarong, Rabu (10/07/2024).

Sugiono menjelaskan, pameran tersebut merupakan kesempatan besar bagi Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), khususnya Kabupaten Kukar untuk mempromosikan kebudayaan dan pariwisata lokal. Sekaligus menjadi ajang pertemuan bagi para kurator museum dari seluruh Indonesia.

Sementara, Event Organizer Pameran Alat Musik Tradisional Nusantara 2024 Dwi Arum Meynina mengungkapkan, proses persiapan produksi dan acara sudah berjalan dengan baik.

“Perizinan sudah masuk dan sedang dalam proses. Kami berharap semua persiapan bisa mengejar target deadline sebelum acara dimulai,” ujarnya ditemui beritaborneo.com di Ruang Rapat UPTD Museum Mulawarman, Tenggarong, Rabu (10/07/2024)

Meynina menjelaskan, penataan pameran tersebut membutuhkan detail yang sangat teliti dan memakan waktu cukup lama karena harus membangun dari nol. “Tim produksi bekerja keras untuk menyulap aula gedung UPTD menjadi sebuah gedung pameran yang estetik dan berfungsi dengan baik,” tambahnya.

Dia berharap, pameran itu dapat menjadi wadah promosi alat musik tradisional yang saat ini kurang dikenal oleh generasi muda. Selain itu, pameran ini juga bertujuan untuk memperkenalkan Kutai Kartanegara sebagai tuan rumah kegiatan berskala nasional.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi para penggiat dan pemain musik tradisional untuk berkarya, berdaya, dan berbudaya,” pungkas Meynina. []

Penulis: Nur Rahma Putri Aprilia | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com