259 ASN Bersaing pada MTQ Antar OPD Pemkab Kukar

TENGGARONG  – SEBANYAK 259 Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar).

MTQ yang digelar selama dua hari berturut-turut mulai tanggal 12 hingga 13 Juli 2024 di Masjid Agung Sultan Sulaiman, Tenggarong itu diikuti 39 OPD Pemkab Kukar. Pembukaan MTQ antar OPD pertama ini dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Kukar, Jalan Wolter Monginsidi, Tenggarong, Jumat (12/07/2024) malam.

Ketua Panitia Pelaksana Dendy Irawan Fahriza dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang untuk pertama kalinya dilaksanakan tersebut merupakan implementasi dari Perda Nomor 4 tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Gerakan Etam Mengaji.

“Serta kebijakan dari Bupati Kukar yang direspon oleh Dewan Pengurus Korpri dengan surat edaran tentang pelaksanaan MTQ internal perangkat daerah dan MTQ antar perangkat daerah se-Kabupaten Kutai Kartanegara,” jelas Dendy.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar ini mengungkapkan, tujuan kegiatan itu dalam rangka menumbuhkan rasa kecintaan terhadap Al Quran di kalangan ASN Pemkab Kukar. Sekaligus sebagai pembinaan berjenjang di lingkungan ASN dalam bidang tiwatil quran.

“Di mana hasil dari MTQ internal perangkat daerah ini akan menjadi utusan untuk MTQ antar perangkat daerah dan pemenang MTQ tersebut akan mewakili Kutai Kartanegara dalam MTQ Korpri tingkat Provinsi Kaltim nantinya,” paparnya.

Dendy berharap, semangat MTQ dapat terus memacu Gerakan Etam Mengaji di internal Pemkab Kukar, dan bisa menjadi panutan dan pedoman di tengah–tengah masyarakat.

Dia kemudian memaparkan, total perangkat daerah yang melaksanakan MTQ internal berjumlah 36 perangkat daerah dari total 59 perangkat daerah. Dengan rincian 29 perangkat daerah dinas/badan/sekretariat/RSUD dan tujuh kecamatan. Sementara 23 perangkat daerah lainnya tidak menyelenggarakan.

Sementara peserta MTQ antar OPD diikuti 39 perangkat daerah, dengan rincian 20 OPD dari sekretariat, dinas, badan, dan RSUD serta 19 kecamatan. Sedangkan Kepala OPD yang mengikuti MTQ sebanyak 45 orang, terdiri dari 30 kepala perangkat daerah dan 15 orang camat.

Adapun kategori yang dilombakan yaitu Pemula Iqra 1-6, Pemula Tartil, dan Tilawah Mahir. Sedangkan bagi pemenang di setiap kategori yaitu, terbaik 1-3 dan harapan 1-3, serta juara umum yang akan mendapatkan Piala Bergilir dari Bupati dan penambahan pagu anggaran senilai Rp50 juta untuk perangkat daerah yang menjadi juara umum.

“Semoga ini menjadi ladang amal ibadah kita semua. Semoga selalu diberikan kesehatan dan kemudahan dalam segala urusan. Semoga kita selalu diistiqomahkan untuk membumikan Al Quran di tanah Kutai Kartanegara,” harap Dendy. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com