Ketua DPRD Kukar Ajak Muda-Mudi Lestarikan Alat Musik Daerah

PARLEMENTARIA KUKAR – MODERENISASI mulai menggerus eksitensi penggunaa alat musik khas tradisional nusantara pada industri musik di tanah air.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid ajak muda-mudi untuk lebih mengenal alat musik khas tradisional nusantara yang dipamerkan di Gedung ex Serapo Museum Mulawarman, terlebih harus lebih kenal dan paham alat musik tradisional  daerah sendiri seperti alat musik sape’.

Abdul Rasid mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang telah menyelenggarakan pameran alat musik tradisional di Kukar.

“Pelaksanaan pameran alat musik tradisional ini, kita juga baru tahu beraneka ragam alat musik yang ada di nusantara ini,” ucapnya kepada awak media usai pembukaan Pameran Alat Musik Tradisional Nusantara di Museum Mulawarman, Tenggarong, Sabtu (20/07/2024).

Ia beri pesan kepada generasi muda agar lebih mencintai aset kebudayaan lokal, melestarikan, bahkan bisa kembangkan penggunaan alat musik tradisional kedalam karya lagu modern tanpa mengurangi ciri khas melodi alat musik tersebut.

Selain itu, pihaknya turut berikan apresiasi kepada muda-mudi Kukar yang terus melestarikan alat musik tradisional yakni sape’. Dalam hal ini, mereka mampu membawakan lagu modern menggunakan instrumen alat musik Sape’ di Istana Negara pada pelaksanaan Hari Kemerdekaan Indonesia  ke-77 yang lalu.

“Kukar dengan berbagai suku dan budaya, tentunya memiliki beragam seni dan alat musiknya, karena itu harus kita lestarikan,” tutupnya. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com