Semarakkan HUT RI, PWI Kukar Gelar Lomba “Merdeka Bersama Pers”

TENGGARONG – PERSATUAN Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) turut memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) dengan menyelenggarakan serangkaian lomba. Mengusung tema “Merdeka Bersama Pers”, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 20-24 Agustus 2024.

PWI Kukar menggelar tiga jenis lomba, yakni E-Football, PUBG, dan lomba tradisional. E-Football dan PUBG akan dipusatkan di Gedung Mahakam Gerbang Raja Migas (MGRM), sementara lomba tradisional akan digelar di Gedung Radio Pemerintah Kabupaten (RPK) Kukar.

“Untuk lomba tradisional, kami mengadakan beberapa jenis perlombaan seperti makan kerupuk, memasukkan paku ke dalam botol, memasukkan benang ke dalam jarum, kait kawat, dan lomba kelereng,” tutur Ketua Panitia Perlombaan Angga Triandi dalam pembukaan perlombaan di Gedung PT MGRM Tenggarong, Selasa (20/08/2024).

Angga menambahkan, lomba ini merupakan perpaduan antara tradisi masa lalu dan teknologi masa kini, yang mencerminkan semangat zaman modern tanpa melupakan kearifan lokal. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan wartawan, tetapi juga masyarakat umum. Sebanyak 72 peserta dalam 18 tim mengikuti PUBG, 20 peserta berpartisipasi dalam E-Football, dan 40 wartawan ikut serta dalam lomba tradisional.

Selain itu, Wakil Koordinator Bidang Seleksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Kukar, Fairuz Abadi, yang mewakili Ketua PWI Kukar Bambang Irawan, berpesan agar seluruh peserta menjunjung tinggi sportivitas dalam berkompetisi.

“Ini juga merupakan upaya kami untuk mempererat tali silaturahmi. Bagi yang bertanding, tetap semangat dan sportif,” ucap Fairuz.

Acara ini resmi dibuka oleh Plt Kepala Diskominfo Kukar, Solihin, yang diwakili Bidang Pengelola Komunikasi Publik (PKP) Sofyan Agus. Ia menyampaikan apresiasi kepada PWI Kukar atas penyelenggaraan lomba ini, dan berharap kegiatan serupa terus dilaksanakan untuk memeriahkan peringatan Dirgahayu RI.

“Selain momen detik-detik proklamasi, masyarakat juga selalu menantikan keseruan lomba-lomba seperti ini, sebagai ajang untuk melepas penat setelah hari-hari bekerja,” pungkas Agus.

Penyelenggaraan lomba tersebut mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk PT MGRM, Bankaltimtara, Pemerintah Kabupaten Kukar, Esport Indonesia (ESI) Kukar, Polres Kukar, Polsek Loa Kulu, PDAM Tirta Mahakam, KORMI Kukar, dan Cafe Royal.[]

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com