Bahas Pendaftaran Bacalon di Pilkada, KPU Kukar Gelar Rakor Bersama 18 Parpol

TENGGARONG – KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan 18 partai politik (parpol) terkait persiapan pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kukar untuk pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024.

Rakor yang diselenggarakan di Tepian Pandan, Tenggarong, Sabtu (24/08/2024) itu, turut dihadiri perwakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), guna memastikan kesiapan teknis dalam penerimaan bapaslon.

“Kami mengundang semua partai politik di Kukar, serta Forkompinda dan OPD terkait, termasuk Dishub, aparat kepolisian, dan TNI, untuk mempersiapkan teknis pendaftaran yang akan disimulasikan besok. Kami juga mengundang pihak rumah sakit sebagai narasumber untuk menjelaskan terkait kesehatan bakal calon,” ucap Ketua KPU Kukar Rudi Gunawan.

Rudi menjelaskan untuk simulasi teknis penerimaan bakal calon, akan melibatkan Liaison Officer (LO) dari setiap partai untuk mengarahkan bakal calon selama proses pendaftaran, termasuk saat pemeriksaan kesehatan yang akan dihadiri maksimal oleh dua pendamping.

 

Simulasi yang akan dilaksanakan besok, difokuskan pada tata letak dan penempatan pihak-pihak yang terlibat saat pendaftaran, termasuk pengaturan tempat duduk pimpinan dan LO dari partai pendukung. Selain itu, OPD terkait dan Satpol PP juga akan memastikan pengaturan lalu lintas dan keamanan selama proses berlangsung.

“Kami ingin memastikan pada hari H nanti, semuanya sudah siap, sehingga tidak ada kebingungan atau kendala teknis, baik dari pihak partai maupun bakal calon,” jelasnya.

Rudi juga menyampaikan bahwa hingga saat ini, baru satu paslon dari jalur independen yang telah mengonfirmasi akan mendaftar pada tanggal 28 Agustus, yaitu bapaslon Awang Yacoub Luthman (AYL) dan Akhmad Zais (AZA).

Informasi tambahan, pendaftaran bapaslon mulai dibuka dari tanggal 27 – 29 Agustus 2024 di Kantor KPU Kukar Jalan Robert Wolter Monginsidi Timbau Kecamatan Tenggarong, Di mana pada tanggal 27-28, pendaftaran dibuka dari pukul 08.00 hingga 16.00 Wita. Sedangkan pada tanggal 29 Agustus, pendaftaran dibuka dari pukul 08.00 dan berakhir pukul 23.59 Wita yang merupakan batas akhir pendaftaran bapaslon. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com