Indeks Rapor Pendidikan di Bawah 100%, Disdikbud Kukar Gelar Evaluasi

TENGGARONG – DINAS Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merespons hasil evaluasi Rapor Pendidikan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang menunjukkan angka di bawah 100 persen.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, Disdikbud Kukar melakukan berbagai upaya fasilitasi guna meningkatkan indeks rapor pendidikan dengan menghadirkan narasumber Syafrudin Januar yang merupakan Ketua Tim Data dan Penjaminan Mutu Provinsi Kalimantan Timur dengan tema “Fasilitasi Rapor Pendidikan SMP Tahun 2024”.

Acara yang diselenggarakan di Aula Serba Guna Kantor Disdikbud Kukar itu dihadiri oleh 153 orang Kepala SMP se-Kabupaten Kukar.

Plt. Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Kukar Emy Rosana Saleh mengungkapkan, meskipun beberapa indikator pendidikan sudah mencapai target, namun masih ada beberapa aspek yang memerlukan perhatian khusus.

“Kami menyadari ada beberapa sekolah yang belum mencapai standar minimal yang ditetapkan. Oleh karena itu, kami akan melakukan pendampingan intensif melalui Kepala sekolah harus ikut andil dalam hal mengembangkan lingkungan belajar, mengevaluasi kegiatan pembelajaran dan menganalisis hasil penilaian rapor pendidikan sekolahnya masing-masing,” katanya..

Dia mengungkapkan, beberapa langkah strategis yang akan diambil antara lain penguatan kapasitas guru melalui pelatihan berbasis kompetensi, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, serta kolaborasi dengan orang tua dan masyarakat.

“Kami juga akan memperketat pengawasan terhadap implementasi kurikulum di sekolah-sekolah untuk memastikan bahwa proses pembelajaran berjalan efektif,” tambahnya

Rapor Pendidikan merupakan salah satu alat ukur yang digunakan oleh pemerintah untuk menilai kinerja dan kualitas pendidikan di berbagai jenjang. Dengan indeks rapor yang berada di bawah 100 persen, menunjukkan masih adanya ruang untuk perbaikan.

Disdikbud Kukar berharap dengan berbagai upaya fasilitasi yang dilakukan, kualitas pendidikan di jenjang SMP dapat meningkat, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan di jenjang pendidikan berikutnya. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com