Pendampingan Petani, Upaya Koramil Kota Bangun Tingkatkan Ketahanan Pangan

KOTA BANGUN – Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan, Komando Rayon Militer (Koramil) 0906-09/Kota Bangun melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serka Yuwono melakukan pendampingan kepada para petani tomat.

Pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa ini merupakan bentuk dukungan kepada para petani tomat, agar dapat memiliki hasil panen yang lebih optimal. Sehingga, mampu untuk meningkatkan kesejahteraan dari para petani.

Babinsa Serka Yuwono yang melakukan pendampingan kepada para petani di Desa Kota Bangun Ulu, Kecamatan Kota Bangun, Senin (02/09/2024) menuturkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari komitmen Tentara Nasional Indonesia (TNI), khususnya yang ada di wilayah untuk mendukung sektor pertanian lokal. Dengan harapan para petani tersebut dapat memperoleh informasi serta bantuan yang mereka butuhkan.

“Ini merupakan bagian dari komitmen TNI, khususnya yang ada di wilayah. Untuk memberikan dukungan penuh terhadap para petani lokal,” jelasnya.

Dia menjelaskan, pendampingan yang dilakukan tersebut meliputi beberapa aspek. Diantaranya pemilihan bibit unggul, teknik penanaman, pemupukan yang benar, serta cara pengendalian hama secara organik.

Kegiatan pendampingan itu kata dia, juga bekerja sama dengan para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang ada di wilayah. Sehingga, apa yang menjadi kendala bagi para petani tersebut, dapat segera diatasi, agar para petani lokal tidak mengalami suatu kerugian.

“Harapannya, semoga dengan adanya pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa,  dapat menjadikan hal yang positif untuk menciptakan sinergi antara aparatur pemerintahan, TNI, dan juga para petani. Sehingga, para petani dapat mencapai hasil yang baik dalam panennya,” kata Serka Yuwono.

Penulis: Rudi Harahap   | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com