Desa Loa Lepu Gelar Musrenbang Desa Tahun Anggaran 2025

TENGGARONG SEBERANG – PEMERINTAH Desa Loa Lepu, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Desa tahun 2024. Kegiatan tersebut digelar di Halaman Kantor Desa Loa Lepu, Rabu (25/09/2024).

Agenda Musrenbangdes merupakan kegiatan musyawarah tahunan rutin yang wajib diadakan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) yang disesuaikan dengan arah kebijakan pemerintah desa dalam jangka waktu satu tahun atau satu periode. Musrenbang Desa diatur dalam Permendes, PDTT No. 21 Tahun 2020. Di samping itu, ketentuan mengenai Musrenbang Desa juga disebutkan dalam Permendagri No.114 Tahun 2014.

Tujuan dilaksanakan Musrenbang Desa adalah membahas masalah dan potensi desa, menyerap aspirasi masyarakat desa dan merumuskan program pembangunan desa. Kemudian pembahasan dan penyepakatan Rancangan RKP Desa Tahun 2025 dan penyepakatan Daftar Prioritas Usulan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2025.

Kepala Desa Loa Lepu Sumali dalam sambutannya mengatakan, acara Musrenbangdes tanda mulainya acara musyawarah desa dalam menentukan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPD) setahun sekali dan menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menentukan arah pembangunan desa.

“Musrenbang ini adalah momentum bagi kita semua untuk menyampaikan aspirasi, sehingga RKPDes yang disusun benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ucapnya

Sumali mengungkapkan, rencana besar untuk menjadikan Loa Lepu sebagai Desa Wisata dengan memanfaatkan pemuda dan UMKM Desa. “Ke depan, kami akan fokus mengembangkan Loa Lepu sebagai desa wisata. Ini akan membuka banyak peluang ekonomi baru bagi masyarakat,” ujarnya.

 

Sementara Doni Fitra, dari perwakilan tim Pendamping Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang menyampaikan tentang program kegiatan fisik, baik di APBDes maupun APBD harus masuk dalam aplikasi SIPD, judul kegiatan sesuai dengan kamus usulan agar mudah diproses.

“Kami dari Kecamatan Tenggarong Seberang berterima kasih kepada Kepala Desa dan Pemerintah Desa Loa Lepu yang telah menyelenggarakan Musrenbangdes dan kami berharap agenda Musrenbangdesa ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan kamus usulan dan judul sesuai dengan aturan yang berlaku,” tuturnya.

Selain dihadiri Tim Pendamping dari Pemerintah Kecamatan, Musrenbang tersebut juga dihadiri BPD Desa Loa Lepu, lembaga desa, tokoh masyarakat, Pendamping Desa P3MD dan Pendamping Desa Kukar Idaman, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan unsur perwakilan perempuan, tokoh masyarakat dan unsur kepemudaan.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian hasil kegiatan penyusunan RKPDes Tahun 2025 oleh Ketua Tim Penyusun RKPDes, Sekretaris Desa Loa Lepu Rudian Noor. Dari hasil diskusi tersebut, selanjutnya menyepakati ketetapan rancangan RPKDes Tahun 2025.

Giat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa ini berjalan lancar dan keputusan di ambil secara musyawarah mufakat. []

Penulis: Al Miftah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com