HUT ke-242 Kota Tenggarong, Hari Asdar: Peningkatan Infrastruktur Harus Dipercepat

TENGGARONG – PERINGATAN Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tenggarong yang ke-242 menjadi momentum bersejarah untuk merefleksikan perjalanan panjang kota itu, sekaligus memperkuat langkah ke depan.

Wakil Ketua Sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Herry Asdar mengatakan, tantangan masa depan Kota Tenggarong dan Kabupaten Kukar akan semakin besar seiring dengan hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Dia menekankan pentingnya peningkatan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas utama dalam menyambut era baru dengan hadirnya IKN. Terutama, wilayah Kukar tidak boleh tertinggal dalam pembangunan, khususnya di bidang infrastruktur, yang merupakan fondasi bagi kemajuan ekonomi, sosial, dan budaya di masa depan.

“Peningkatan infrastruktur harus kita percepat, dari jalan, jembatan, hingga fasilitas umum lainnya. Pembangunan ini adalah dasar agar kita mampu memanfaatkan setiap peluang yang muncul seiring berkembangnya IKN di dekat wilayah kita. Kita tidak bisa lagi bekerja dengan pola lama, perlu inovasi dan akselerasi yang berkelanjutan,” ucapnya kepada beritaborneo.com di Kantor DPRD Kukar Tenggarong, Senin (30/09/2024).

Tidak hanya soal infrastruktur, Herry juga menyoroti pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kukar. Ia menyatakan, di era persaingan global dan migrasi penduduk yang semakin masif akibat IKN, masyarakat lokal harus mampu bersaing dan berperan aktif.

“Tenggarong, sebagai bagian dari Kukar, harus bisa menjadi pusat SDM yang kompetitif. Kita harus memastikan putra-putri daerah memiliki keterampilan yang dibutuhkan di masa depan, terutama di bidang teknologi, industri, dan pelayanan publik yang akan berkembang pesat di sekitar IKN.” tambahnya.

Herry juga secara tegas menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat Tenggarong dan Kukar agar tidak hanya menjadi penonton dalam proses pembangunan yang sedang berlangsung. Ia mengajak masyarakat untuk terlibat aktif dan mengambil peran penting dalam pembangunan daerah.

“Jangan sampai kita, sebagai putra daerah, kalah bersaing dengan pendatang dari luar. Kita harus menjadi pelaku utama, bukan sekadar penonton. Ini adalah kesempatan kita untuk membangun masa depan Kukar yang lebih baik,” imbuhnya.

Momentum HUT ke-242 Tenggarong ini tidak hanya diperingati sebagai ajang seremonial tahunan, tetapi juga sebagai titik tolak bagi Kukar untuk menghadapi tantangan baru terutama dengan IKN yang semakin dekat, potensi pertumbuhan ekonomi dan sosial semakin besar. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com