Pj Bupati PPU Sebut PKK Sebagai Mitra Pemerintah Dalam Pembangunan SDM

PENAJAM – GUNA mendukung sinergi dan peran Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di tingkat kecamatan dan desa, TP PKK PPU menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) tingkat Kabupaten PPU Tahun 2024.

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Bupati PPU, Kilometer 09 Nipah-nipah, Penajam, Kamis (24/10/2024) itu dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati PPU Zainal Arifin.

Dalam kesempatan tersebut Zainal Arifin mengatakan, PKK merupakan mitra pemerintah dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya dalam upaya pemberdayaan keluarga.

“Keluarga besar PKK Kabupaten PPU kiranya dapat lebih berpartisipasi aktif dalam mendukung program-program pemerintah daerah. Mari kita tunjukkan bahwa Tim Pengerak PKK dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat melalui pelaksanaan 10 Program Pokok PKK yang jelas, terstruktur dan seragam di semua jenjang,” ucap Zainal.

Selaku Dewan Pembina PKK Kabupaten PPU, Zainal minta keterlibatan PKK dalam rangka percepatan program dan kegiatan Tim Penggerak PKK kabupaten serta menyamakan persepsi dan memelihara komitmen antara pemerintah dengan para pengurus PKK, baik tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa.

“Pemerintah daerah dan Tim Penggerak PKK dapat saling bersinergi dan bekerjasama untuk mendukung program pembangunan yang dilaksanakan pemda,” harapnya.

Dia juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan kegiatan guna mendukung program pemerintah daerah.

“Semoga dengan kegiatan ini PKK ke depan semakin solid. Mari kita tata kembali organisasi PKK, sehingga apapun upaya yang kita lakukan pada akhirnya dapat memberikan daya dukung yang optimal dalam rangka mewujudkan berbagai program pembangunan di Kabupaten PPU,” pungkasnya.

 

Sementara Ketua TP PKK PPU Sri Kusuma Winahyu mengatakan, PKK tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa akan memantapkan program-program PKK yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2025. Sekaligus bersilaturahmi dengan seluruh pengurus, penyantun, OPD, camat, desa dan antar sesama pengurus dan anggota PKK kecamatan hingga tingkat desa dan kelurahan di PPU.

“Hal terpeting dalam rakor ini adalah tersusunnya program kerja TP-PKK tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan hingga desa tahun 2025,” kata Sri Kusuma.

“Kita perlu berupaya untuk terciptanya persamaan, persepsi dan fungsi kelembagaan organisasi PKK serta komitmen bersama dan sinergitas dalam rencana program kerja TP-PKK kabupaten, kecamatan dan desa di Kabupaten PPU dalam mendukung pembangunan di daerah,” tutupnya. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com