Pertemuan Reses Perdana, Aspirasi Pertanian Mengemuka

 

PARLEMENTARIA DPRD KALTIM – Di masa reses dari tanggal 15 hingga 22 November 2022 ini, Seno Aji, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), melakukan kunjungan perdanya ke desa Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Selasa (15/11/2022).

Kunjungan tersebut tentu saja dalam rangka menggelar tatap muka langsung dengan konstituennya, untuk menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat. Dalam pertemuan yang dihadiri sejumlah pejabat pemerintah desa, pengurus lembaga kemasyarakatan desa, serta tokoh masyarakat setempat itu, Seno Aji banyak menerima aspirasi seputar pertanian. Menurutnya itu wajar, karena warga setempat didominasi petani.

“Dari reses di desa Tanjung Harapan ini kami menerima aspirasi terkait pertanian, ada kelompok tani yang minta dibantu alsintan (alat dan mesin pertanian, red) serta pupuk. Karena menurut mereka harga pupuk saat ini mahal dan susah didapatkan,” ungkap wakil rakyat anggota Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) asal daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Kutai Kartanegara ini kepada awak media.

Saat diwawancara usai menggelar pertemuan bersama warga, Seno Aji mengungkapkan, permasalahan lain yang mengemuka soal pertanian adalah akses produksi dan pasca panen. Di musim hujan, lanjut dia, akses jalan tani yang menghubungkan antar areal pertanian ke permukiman warga menjadi rusak parah sehingga menyulitkan petani untuk mengangkut hasil-hasil pertanian.

Ia pun merasa prihatin atas kondisi itu. Atas dasar aspirasi yang telah diserap, Seno Aji mengaku telah diterima, ditampung dan akan dibawa ke dalam rapat internal fraksi Partai Gerindra untuk disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Kaltim. “Semoga apa yang menjadi aspirasi masyarakat desa Tanjung Harapan dapat terwujud melalui anggaran murni maupun perubahan tahun depan namun secara bertahap,” ujar Seno Aji.

Dalam pertemuan yang digelar di salah seorang tokoh masyarakat itu, Seno Aji sempat mengungkapkan maksud tujuannya menggelar pertemuan, yakni dalam rangka menyerap secara langsung seluruh aspirasi masyarakat di daerah pemilihan masing-masing. Di masa reses, anggota dewan memanfaatkannya dengan turun ke masyarakat dan menggelar pertemuan dengan warga.

“Tujuan kegiatan kedewanan tersebut adalah guna menyerap secara langsung seluruh aspirasi masyarakat di dapilnya masing-masing. Dan Alhamdulillah hari ini kami seluruh anggota DPRD Kaltim turun ke dapil masing-masing guna melaksanakan kegiatan serap aspirasi masyarakat atau reses dengan tujuan mendengar langsung keluhan masyarakat dan telah diatur oleh undang-undang,” terang Seno Aji. []

Penulis: Fajar Hidayat
Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com