Diskominfo Sosialisasikan KIM di Muara Kaman

KUTAI KARTANEGARA – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyelenggarakan Sosialisasi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) pada Aparat Desa, Kecamatan, dan berbagai komunitas di Kecamatan Muara Kaman. Kegiatan ini bertempat di Gedung Serba Guna Desa Muara Kaman Ilir Kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara pada, Senin (20/11/2023).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Muara Kaman Ratna Hayu Ningtiyas mewakili Camat Muara Kaman. Hadir dalam sosialisasi tersebut hadiri oleh Pranata Humas Ahli Muda SDKP Diskominfo Kukar Hermawan, Pranata Humas Pengelolaan Opini Publik Diskominfo Kukar Zainul Effendi Joesoef, Pelaksana Seksi Sumber Daya Komunikasi Publik Ema Handayani, dan para Staf Diskominfo Kukar, Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Muara Kaman Ratna Hayu Ningtiyas, Kepala seksi dan staf Kecamatan Muara Kaman, Kepala Desa Se-Kecamatan Muara Kaman, PKK Kecamatan Muara Kaman, Ketua Pokdarwis, Ketua Gapoktan, Ketua Karang Taruna, Ketua KTNA, Ketua KWT Se- Kecamatan Muara Kaman, dan para peserta pelatihan.

Dalam sambutannya Prahum Ahli Muda Hermawan yang mewakili Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada stakeholders (semua pihak dalam masyarakat, termasuk individu atau kelompok yang memiliki kepentingan atau peran dalam suatu perusahaan atau organisasi yang saling berhubungan dan terikat) tentang peran KIM dalam pengelolaan informasi dan pembangunan masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut Prahum Ahli Muda Hermawan menyampaikan materi tentang Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik Dengan Komunitas Informasi Masyarakat (KIM). Dalam paparannya disampaikan bahasan tentang regulasi, definisi, KIM di Kabupaten Kukar, aktivitas KIM, tata cara membentuk KIM, dan pembiayaan.

Sedangkan Prahum Ahli Muda Zainul Effendi Joesoef menyampaikan materi tentang peran strategis KIM dalam proses diseminasi informasi dan penyampaian aspirasi publik, demokratisasi informasi, peran penting produksi informasi, pilihan media, serta publikasi yang selalu update oleh KIM untuk mempromosikan produk UMKM, pariwisata, dan potensi daerah.

Penulis : Tusiman | Penyunting : Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com