Lurah Mahulu Bangga Jadi Pilot Project Sentra Pemberdayaan Pemuda

KUTAI KARTANEGARA – Lurah Maluhu Tri Joko Kuncoro merasa bersyukur dan bangga karena Kelurahan Maluhu, yang terletak di Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), telah dipilih sebagai Pilot project  sentra pemberdayaan pemuda desa/ kelurahan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Menurut Tri Joko Kuncoro, terpilihnya Kelurahan Maluhu sebagai Pilot project tersebut didasarkan pada peran aktif para pemuda Maluhu dalam melakukan berbagai kegiatan positif yang berdampak pada masyarakat, terutama di Kelurahan Maluhu.

“Alhamdulillah, kelurahan Maluhu ini dijadikan Pilot project dari Dispora Kaltim, terkait sentra pemberdayaan pemuda desa/kelurahan,” ujar Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro, pada Kamis (26/10/2023).

Tri Joko Kuncoro juga menyatakan bahwa ia merasa bersyukur dan bangga atas prestasi yang telah diraih oleh para pemuda Maluhu dan berharap bahwa keberhasilan ini dapat menjadi inspirasi bagi pemuda-pemuda di daerah lain untuk melakukan hal yang sama.

“Latar belakang serta mendasari terpilihnya Maluhu sebagai Pilot project, karena selama ini kegiatan Kepemudaan maupun karang taruna dinilai sangat banyak menghasilkan prestasi,” katanya.

“Kami juga secara intens terus melakukan pembinaan kepada pemuda maupun karang taruna di Maluhu ini, dan di beberapa event besar serta kegiatan prestasi lainnya yang menjadi pioner atau leader kebanyakan dari pemuda-pemuda kami,” ungkapnya.

Tak hanya itu, berbagai prestasi pun sudah banyak diraih dan dirasakan oleh pemuda di Kelurahan Maluhu seperti, di bidang pertanian, kewirausahaan, kepemudaan dan olahraga serta bidang lainnya.

“Banyak sekali pemuda-pemuda berprestasi di Maluhu ini di berbagai bidang, baik di tingkat kabupaten hingga nasional, bahkan ada pemuda kami yang di kirim ke Thailand dan Jepang,” ucap Tri Joko Kuncoro.

Tri Joko Kuncoro juga menyampaikan rasa bangganya atas berbagai prestasi yang sudah diraih oleh pemuda di Kelurahan Maluhu. Sehingga hal itu menjadi Kelurahan Maluhu sebagai pilot projek sentra pemberdayaan pemuda desa/kelurahan.

“Pemuda-pemuda di Maluhu ini sangat aktif, kreatif dan menjadi pioner perubahan mengarah pada kebaikan,” ungkapnya.

Tri Joko Kuncoro berharap, agar para pemuda di Kelurahan Maluhu menjadi barometer bagi pemuda-pemuda yang ada di Kutai Kartanegara khususnya dan Kalimantan Timur umumnya.

“Khususnya pemuda Maluhu ini bisa menjadi barometer dan di ikuti oleh pemuda-pemuda di daerah lain dalam meraih prestasi dan ikut berperan membangun daerah,” harapannya.

“Apalagi dalam rangka menyambut IKN Nusantara ini sangat luar biasa, kita harus mempersiapkannya, jangan sampai kita jadi penonton di rumah sendiri dan pemuda kita harus kreatif,” tutupnya.

Penulis: Tusiman | Penyunting: Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com