Pj Gubernur Dorong Para Ibu Berperan Aktif Majukan Bangsa

SAMARINDA – PENJABAT (Pj) Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan masyarakat Kaltim mengucapkan selamat kepada para ibu dan kaum perempuan atas Peringatan Hari Ibu (PHI) ke 94 Tahun 2023.

“Mari warnai Peringatan Hari Ibu dengan peran, kerja dan karya nyata untuk Indonesia tercinta,” kata Akmal Malik ketika menyampaikan ucapan selamat PHI virtual dari ruang kerjanya di Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Jum’at (22/12/2023).

Melalui tonggak PHI yang mengusung tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju” ini dia berharap agar para ibu dan kaum perempuan dapat berdaya secara sosial, ekonomi dan politik.

Secara sosial menurut Akmal Malik para ibu dapat memiliki peran yang aktif dan setara, sedangkan secara ekonomi adalah mampu dan berdaya membangun ekonomi keluarga dan kemudian secara politik para perempuan mempunyai keterlibatan politik yang positif di daerahnya atau bahkan secara nasional.

“Jadikan tonggak gerakan perempuan Indonesia untuk berkontribusi aktif memajukan bangsa,” tegasnya.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI ini menjelaskan, pemerintah mempunyai tugas memgasilitasi dan masyarakat memberikan dukungan.

Pj Gubernur juga meminta kepada para ibu dan kaum perempuan yang mendapatkan fasilitas serta dukungan itu sendiri harus selalu meningkatkan kapasitas diri sesuai dengan tuntutan kemajuan era digital ini supaya dapat terjadi kesetaraan dengan proses alamiah tanpa harus dilakukan pengkodisian atau pengaturan yang bersifat formalitas tetapi oleh karena karya dan kerja kerasnya.

“Untuk memajukan pembangunan berkesetaraan, berkeadilan gender serta membangun kesadaran akan pentingnya kerja nyata dan kerja kolaboratif dari semua fihak untuk mendorong kemajuan perempuan Indonesia khususnya Provinsi Kalimantan Timur yang sedang menyongsong sebagai Ibu Kota Nusantara,” harapnya lagi.

Di akhir penyampaiannya, Pj Gubernur Kaltim mengucapkan kembali “Selamat merayakan Hari Ibu ke 95 Tahun 2023”. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com