10 Unit Armada Baru Menguatkan Pengelolaan Sampah di Kecamatan Kota Bangun Darat

KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) memberikan bantuan berupa armada pengangkut sampah kepada 10 desa di Kecamatan Kota Bangun Darat.

Bantuan ini ditujukan untuk membantu mengatasi permasalahan sampah di beberapa desa tersebut. Camat Kota Bangun Darat, Julkifli, menjelaskan bahwa setiap desa akan menerima satu unit armada pengangkut sampah berupa kendaraan roda tiga.

“Mudah-mudahan bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan,” ujar Julkifli, Selasa (30/04/2024). Dirinya mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar telah mengalokasikan dana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2023 untuk membantu desa-desa di Kecamatan Kota Bangun mengatasi masalah sampah.

Bantuan tersebut baru dapat disalurkan pada Maret 2024 setelah menyelesaikan proses administrasi. Dengan bantuan ini, Dia berharap setiap desa dapat mengelola sampah secara mandiri. Sampah dapat dikumpulkan dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Loleng.

Selain itu, untuk penanganan sampah jangka panjang, pihaknya akan menerima bantuan tambahan dua unit truk sampah dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kutai Kartanegara.  “Penambahan dua unit truk sampah dari DLHK Kukar diharapkan dapat meningkatkan kapasitas Kota Bangun Darat dalam menangani sampah secara berkelanjutan,” bebernya. []

Redaksi08/adv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com