Di Acara DWP, Kepala Diskominfo Kaltim Berikan Tips Tingkatkan Kepercayaan Diri

SAMARINDA – MELEPASKAN rasa sesal, perbaiki persepsi diri, jangan takut gagal, penampilan maksimal dan mengingat semua sukses masa lalu, adalah beberapa tips yang diberikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Faisal, untuk meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara di depan umum.

Beberapa tips ini disampaikannya kepada anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kaltim dalam Seminar Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan, di Hotel Bumi Senyiur, Jalan Diponegoro, Samarinda, Kamis (22/8/2024).

“Seorang pembicara yang baik adalah seorang pencerita yang baik. Yang mampu menyampaikan pesan dengan menarik dan membekas di hati pendengar,” terangnya.

Faisal menekankan bahwa komunikasi bukan hanya sebatas menyampaikan pesan, melainkan juga fondasi dari semua interaksi sosial. Menurutnya ada tiga faktor utama yang membentuk seorang pembicara yang baik, yaitu bakat alami, lingkungan dan latihan.

 

Faisal menyampaikan, ada beberapa penyebab umum kecemasan saat berbicara di depan umum, seperti pengalaman pertama, suasana baru, merasa menjadi pusat perhatian, merasa tidak percaya diri atau berbeda dengan orang lain, trauma masa lalu dan perasaan tidak siap tampil.

Untuk mengatasi kecemasan, Faisal menyarankan agar mempersiapkan diri dengan baik, mencari pengalaman dan melakukan relaksasi. “Siapapun bisa menjadi pembicara yang baik dengan (cara) rajin berlatih,” tutup Faisal. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com