KPU Kotim Belum Terima Pendaftaran Paslon di Hari Pertama Pilkada 2024

SAMPIT – Pendaftaran hari pertama untuk bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati kabupaten Kotawaringin Timur di Komisi Pemilihan Umum setempat sudah berlalu, namun sampai dengan saat ini KPU masih belum bisa memprediksi ada berapa pasangan calon yang kira-kira akan mendaftar dalam pilkada Kotim 2024

“Sampai saat ini belum ada yang mendaftar, kawan-kawan di KPU juga sudah berusaha untuk mengkomunikasikan ke masing-masing lo di partai, namun memang masih belum ada kepastian kapan dan jam berapa pasangan calon menyerahkan berkasnya ke KPU Kotim,” kata Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kotim Muhamad Tohari, Rabu 28 Agustus 2024.

Menurutnya, sebelum ini pihaknya memang memiliki rancangan awal yang memperkirakan ada lima paslon yang akan mendaftar dengan hitungan klausul 20% yaitu jumlah kursi 25% suara sah.

“Namun saat ini sudah berubah aturanya berdasarkan putusan MK menjadi 8,5% kalau secara jumlah 19.237 suara sah, tinggal pilihan parpol mau gabungan atau tidak untuk bisa memenuhi suara sah itu,”bebernya.

Kemudian lanjutnya, untuk persyaratan ada syarat calon dan pencalonan, syarat calon itu adalah di pencalonan yang memuat persetujuan dan salinan SK partai politik, kemudian syarat calon berkenaan dengan hal-hal diri pribadi calon contohnya ijazah, surat keterangan dari pengadilan, berbadan sehat dan seterusnya termasuk SKCK.

“Informasinya memang ada pasangan calon yang melakukan deklarasi pada hari ini. Namun untuk pendaftarannya kami masih belum menerima kapan waktunya,”tutup Tohari. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com