Dispar Kukar Gelar Pengembangan Kapasitas SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

TENGGARONG – DINAS Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar acara sosialisasi bertajuk “Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Berbasis SKKNI 2024” di Kecamatan Samboja.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 30 dan 31 Agustus 2024 itu dihadiri puluhan peserta yang terdiri dari pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif, akademisi, serta perwakilan pemerintah daerah.

Dalam pembukaan acara, Jumat (30/08/2024), beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya memberikan paparan mengenai strategi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang interaktif, di mana para peserta dapat berbagi pengalaman serta mendapatkan berbagai insight mengenai tren dan peluang di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

 

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan SDM Pariwisata & Ekonomi Kreatif Pariwisata Dispar Kukar Antoni Kusbiantoro mengatakan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas SDM menjadi kunci utama dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada.

“Salah satu fokus utama adalah pentingnya inovasi dan adaptasi terhadap perubahan tren global untuk meningkatkan daya saing sektor pariwisata Indonesia di kancah internasional,” katanya.

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi momentum penting bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Kukar untuk terus meningkatkan kompetensi dan daya saing, sehingga dapat berkontribusi lebih besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com