DKP Kukar Gelar LMSI, Asisten II Harap Jadi Sarana Edukasi

TENGGARONG – DINAS Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Lomba Masak Serba Ikan (LMSI). Kegiatan tersebut diadakan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengolah ikan sebagai sumber makanan bergizi serta mendukung perekonomian daerah melalui potensi perikanan lokal.

Lomba ini diikuti oleh tiga zona, yaitu dari Zona Hulu diwakili oleh Kecamatan Muara Wis, Zona Tengah diwakili Kecamatan Muara Kaman dan Zona Pesisir oleh Kecamatan Anggana.

Saat membuka acara yang dilaksanakan di halaman Kantor DKP Kukar di Tenggarong, Rabu (4/09/2024), Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kukar Ahyani Fadianur Diani mengingatkan pentingnya mengoptimalkan kekayaan laut dan perikanan di Kabupaten Kukar.

“Kami berharap lomba ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sarana edukasi bagi masyarakat untuk lebih mengenal variasi olahan ikan yang sehat dan lezat,” katanya.

Selain itu, Ahyani Fadianur Diani juga berharap lomba tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konsumsi ikan untuk kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

“Dengan adanya gerakan masyarakat makan ikan bisa mengubah cara pandang masyarakat terhadap ikan untuk menjadi bahan pangan penting, agar Kukar terbebas dari stunting,” imbuhnya lagi.

 

Dalam lomba itu, Kecamatan Anggana keluar sebagai Juara Pertam dan berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp6 juta. Sementara Kecamatan Muara Kaman menjadi juara kedua, disusul Kecamatan Muara Wis di posisi ketiga.

Nantinya pemenang lomba akan mewakili Kabupaten Kukar ke tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2024. []

Penulis: Anggi Triomi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com