Job Fair Kedua Diharapkan Banyak Serap Pencari Kerja

KUTAI KARTANEGARA – Pelaksana tugas (Plt) Asisten I Bidang Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat  Sekretariat Kabupaten (Sekkab) Kutai Kartanegara (Kukar) Akhmad Taufik Hidayat membuka job fair kedua di tahun 2023 ini, bertempat di Gedung Putri Karang Melenu (PKM), Tenggarong Seberang, Rabu (15/11/2023). Saat memberikan sambutan, Plt Asisten I menekankan agar banyak pencari kerja (pencaker) terserap di bursa kerja itu.

Akhmad Taufik Hidayat hadir mewakili Bupati Kukar Edi Damansyah. Ia membacakan sambutan bupati, di antaranya meminta agar para pemberi kerja dapat menerapkan ketentuan peraturan perundang-undangan dalam proses perekrutan. “Saya meminta para pemberi kerja untuk menerapkan ketentuan yang ditetapkan dalam undang-undang dan peraturan ketenagakerjaan dalam proses perekrutan tenaga kerja,” kata Akhmad Taufik Hidayat.

Berdasarkan data dari Dinas Tenaga Kerja (Distransnaker) Kukar, job fair ini jumlah lowongan kerja yang tersedia diperuntukkan bagi 740 posisi, sementara pencaker yang telah mendaftar baru separuhnya. “Jumlah pencari kerja yang sudah mendaftar pada tanggal 14 November kemarin dan akan hadir pada kegiatan job fair sebanyak 374 orang,” ungkap Akhmad Taufik Hidayat.

Lebih lanjut, Akhmad Taufik Hidayat mengatakan secara angka terlihat peluang mendapatkan pekerjaan cukup menjanjikan. Namun, perlu dicermati kembali jenis pekerjaan yang ditawarkan, apakah sesuai dengan ketersediaan tenaga kerja yang ada.

Akhmad Taufik Hidayat juga meminta baik perusahaan atau pengusaha mewajibkan pelamar kerja memiliki kartu kuning atau kartu pencarian kerja, kemudian melaporkan jumlah pekerja yang diterima. Kartu Kuning digunakan pemerintah untuk mendata data secara akurat berapa jumlah pencaker, sehingga dapat menyusun kebijakan terkait ketenagakerjaan yang lebih tepat sasaran dan efektif dalam mengurangi pengangguran di Kukar. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com